PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 22 March 2018

Bestprofit | Trump memukul Cina dengan tarif, meningkatkan kekhawatiran perang perdagangan global

Bestprofit (23/3) - Presiden Donald Trump meluncurkan salvo berikutnya dalam perang meluasnya pada pelanggaran perdagangan Cina, kali ini membidik perampasan tidak adil dari kekayaan intelektual AS.

Trump pada Kamis mengarahkan perwakilan perdagangan AS untuk menaikkan tarif impor Cina senilai $ 50 miliar menyusul investigasi selama tujuh bulan terhadap pencurian kekayaan intelektual, yang telah menjadi titik pertentangan lama dalam hubungan dagang AS-China. Selain tarif, AS juga berencana memberlakukan pembatasan investasi baru, mengambil tindakan terhadap China di Organisasi Perdagangan Dunia dan Departemen Keuangan juga akan mengusulkan langkah-langkah tambahan.

"Kami memiliki masalah pencurian kekayaan intelektual yang luar biasa," kata Trump. "Ini akan membuat kita menjadi negara yang jauh lebih kuat, lebih kaya."

Wall Street khawatir tentang perang dagang
Langkah itu, yang datang bersamaan dengan tekanan baja dan aluminium pemerintah yang juga membidik Cina, telah dipenuhi dengan ancaman pembalasan dari China dan meningkatkan kekhawatiran akan perang dagang global yang dapat mengguncang ekonomi global - ketakutan administrasi Trump telah berulang kali menepis.

Trump pada hari Kamis menandatangani sebuah memorandum yang mengumumkan tindakan perdagangan, dengan memohon Bagian 301 dari Undang-undang Perdagangan 1974, yang menjadi dasar untuk penyelidikan pemerintah. bestprofit

Sebelum menandatangani tindakan, Trump menyesalkan defisit perdagangan multi-ratus miliar dolar AS dengan China dan mengatakan tindakan itu akan menjadi "yang pertama dari banyak."

Trump mengawali aksi perdagangannya dengan bersikeras dia memandang Cina sebagai "teman" dan mengatakan dia "sangat menghormati" bagi Presiden China Xi Jinping, ketika dia menolak dukungan China dalam menekan Korea Utara untuk denuklirisasi.

"Mereka banyak membantu kami di Korea Utara," kata Trump. "Tetapi kami memiliki defisit perdagangan ... ada banyak cara berbeda untuk melihatnya, tetapi tidak peduli dari sisi mana Anda melihatnya, itu adalah defisit perdagangan terbesar negara mana pun dalam sejarah dunia."

Trump mengatakan AS akan terus terlibat secara diplomatis dengan China untuk mengurangi ketidakseimbangan perdagangan, bahkan ketika dia menandatangani tindakan yang kemungkinan akan memperburuk ketegangan antara kedua negara. bestprofit

Robert Lighthizer, perwakilan perdagangan AS, mengatakan tarif akan fokus pada pencurian teknologi AS dan mengatakan Trump "menyimpulkan bahwa kami harus memberlakukan tarif pada produk yang sesuai" setelah penyelidikan.

"Ini adalah tindakan yang sangat penting. Sangat signifikan dan sangat penting untuk masa depan negara, benar-benar di seluruh industri," kata Lighthizer.

Penyelidikan menyimpulkan bahwa China telah mencuri atau memaksa perusahaan AS untuk menyerahkan kekayaan intelektual mereka melalui serangkaian manuver struktural yang dikelola negara, termasuk persyaratan bahwa perusahaan asing bermitra dengan perusahaan Cina untuk mengakses pasar Cina, kata Everett Eissenstat, wakil direktur Dewan Ekonomi Nasional untuk urusan ekonomi internasional.

Penyelidikan juga menilai bahwa China telah mencuri kekayaan intelektual AS dengan meretas jaringan komputer AS, meskipun pejabat senior pemerintah mengatakan tarif Kamis tidak akan memperhitungkan nilai pencurian kekayaan intelektual itu, yang diperkirakan mencapai ratusan miliar dolar. bestprofit

Tarif masuk adalah yang paling signifikan hingga saat ini dari seorang Presiden yang berkampanye pada janji untuk memperbaiki ketidakseimbangan perdagangan global AS, terutama dengan China, dan untuk merevitalisasi manufaktur AS. Langkah ini hanyalah tanda terbaru bahwa Trump bermaksud untuk menempatkan retorika proteksionisnya ke dalam tindakan meskipun ada kekhawatiran dari para ekonom dan analis keuangan, termasuk dalam pemerintahannya sendiri.

Di luar ancaman perang dagang yang meluas, para ekonom telah memperingatkan konsumen AS kemungkinan akan menanggung biaya tarif dan kekhawatiran tentang pembalasan Tiongkok semakin meningkat.

"Perang dagang tidak ada gunanya bagi siapa pun. Tidak ada pemenang," kata Perdana Menteri China Li Keqiang pada konferensi pers di Beijing untuk mengantisipasi tindakan tarif administrasi Trump. bestprofit

Administrasi Trump, meskipun, telah mengatakan itu hanya mengambil tindakan lama tertunda setelah bertahun-tahun praktik perdagangan Cina yang tidak adil yang mereka berpendapat sebelumnya administrasi belum cukup dimentahkan.

Peter Navarro, penasihat perdagangan tertinggi hawkish Trump, mengatakan pemerintah telah memutuskan tarif berbaris dan mengatakan AS memilih untuk mengambil tindakan tarif setelah dialog dengan China selama 15 tahun terakhir telah gagal menghasilkan perubahan signifikan dalam perilaku Cina.

"Administrasi di depan kami dan administrasi ini telah berusaha sangat, sangat sulit untuk bekerja dengan Cina," kata Navarro. "Bicara itu tidak murah. Ini sangat mahal untuk orang Amerika."

Tarif tidak akan langsung berlaku. Sebaliknya, perwakilan perdagangan AS akan menerbitkan daftar barang yang ditargetkan dalam 15 hari dan kemudian akan memungkinkan periode komentar publik 30 hari.

Ditekan tentang dampak pada konsumen AS, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan pemerintah percaya tarif akan menghasilkan hanya "efek minimal" pada konsumen AS.

"Dalam hal kalkulus kerugian yang lebih luas yang dilakukan oleh apa yang merupakan pencurian ... kekayaan intelektual hampir tak terhitung," kata pejabat itu. bestprofit

Sumber : CNN