PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Tuesday, 23 January 2018

PT Bestprofit | CIA memperingatkan Kim Jong Un dapat menggunakan nukes sebagai alat 'pemaksaan'

PT Bestprofit (24/1) - Direktur CIA Mike Pompeo mengatakan pada hari Selasa bahwa komunitas intelijen AS masih menganggap pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sebagai "aktor rasional" namun penilaian tersebut tidak berarti dia hanya mengembangkan senjata nuklir sebagai alat untuk melestarikan rezimnya.

"Kami percaya bahwa dia akan menggunakan alat ini selain mempertahankan diri," kata Pompeo di American Enterprise Institute, menambahkan bahwa Kim kemungkinan siap untuk menggunakan kekuatan militer nuklir dan konvensional untuk tujuan "memaksa" dengan maksud untuk menyatukan kembali Semenanjung Korea di bawah pemerintahannya.

Sementara CIA telah lama menyoroti peningkatan pesat Korea Utara dalam kapasitas dan tingkat uji coba rudal balistik antar benua, Pompeo menekankan bahwa kemajuan Pyongyang harus diukur dengan keandalan dan bukan dalam batas waktu.
"Kim Jong Un tidak akan beristirahat dengan satu tes sukses tunggal" yang menunjukkan bahwa dia memiliki kemampuan untuk mencapai kota AS dengan senjata nuklir jarak jauh, kata Pompeo. pt bestprofit

"Langkah selanjutnya adalah mengembangkan gudang senjata" atau kapasitas untuk mengirim rudal dari beberapa titik tembak secara bersamaan, tambahnya, mencatat bahwa "misi kami adalah membuat hari dimana dia dapat melakukan hal itu sejauh mungkin."
Pompeo menolak untuk menjawab apakah AS dapat melakukan pemogokan militer terbatas di Korea Utara tanpa menimbulkan konflik skala penuh, namun mengatakan bahwa badan intelijen dan militer AS terus menyiapkan serangkaian opsi untuk Presiden Donald Trump jika diplomasi gagal mencapai menyatakan tujuan denuklirisasi.

Gedung Putih telah lama mempertahankan bahwa semua pilihan ada di meja ketika berhadapan dengan Korea Utara dan sebagian besar penasihat keamanan nasional Trump mengatakan bahwa pilihan militer harus dilindungi undang-undang yang menunggu ancaman yang akan segera terjadi di AS atau sekutu.

Tapi retorika provokatif Trump dan saran bahwa pemerintah dapat mempertimbangkan sebuah "perang pencegahan" telah menimbulkan kekhawatiran bahwa dia mungkin lebih bersedia untuk terlibat dalam konflik di semenanjung Korea daripada presiden masa lalu. pt bestprofit

Ketika ditanya apakah AS bersedia tinggal di dunia di mana Korea Utara dapat menghancurkan New York dengan menekan sebuah tombol, Pompeo mengatakan bahwa keputusan tersebut pada akhirnya diserahkan kepada Presiden namun menekankan bahwa Trump tidak jelas pada saat itu.

Pesan tersebut mungkin tidak begitu jelas bagi Pyongyang, karena Pompeo mengatakan bahwa mata-mata AS khawatir bahwa Kim mungkin menerima intelijen yang tidak akurat dari penasihat seniornya tentang bagaimana keinginan AS untuk melakukan serangan militer jika diplomasi gagal.

"Bukan hal yang sehat untuk menjadi pemimpin senior dan membawa kabar buruk kepada Kim Jong Un," kata Pompeo.

"Beritahu seseorang bahwa Anda akan melakukan itu dan kemudian mencoba untuk mendapatkan polis asuransi jiwa," tambahnya, merujuk pada sejarah Kim mengenai pejabat tinggi dan kerabatnya sendiri.

Sementara komentar Pompeo menimbulkan tawa dari kerumunan, mereka juga memberikan beberapa wawasan tentang penilaian CIA tentang apa yang mendorong pengambilan keputusan Kim. pt bestprofit

AS "mengambil tindakan nyata yang menurut kami akan membuat jelas bagi Kim Jong Un bahwa kita mengejar denuklirisasi," kata Pompeo.

Menentukan titik di mana program rudal dan nuklir Korea Utara mencapai tahap tersebut sebagian besar jatuh ke tangan CIA, sebuah tugas yang menurut Pompeo dipersiapkan dengan baik untuk ditangani.

"Ketika saya masuk ke dalamnya (Korea Utara) jelas tidak mendapat perhatian dan fokus pada apa yang akan diminta oleh administrasi ini," Pompeo mengatakan, menambahkan bahwa agensi tersebut telah membuat kemajuan signifikan dalam mengembangkan gambaran intelijen global untuk mengisi beberapa dari kesenjangan yang diwarisi dari pemerintahan sebelumnya.

Dengan jaringan global yang lebih kuat yang berfokus pada Korea Utara, CIA sekarang dapat menilai dampak dari berbagai bagian dari "kampanye tekanan maksimum", kata Pompeo, termasuk dampaknya, atau kekurangan satu, sanksi terhadap program rudal Pyongyang.
"Kami memiliki perwira di seluruh dunia yang rajin bekerja untuk memastikan bahwa kami melakukan semua yang kami bisa untuk mendukung kampanye tekanan AS dan untuk memperketat sanksi," katanya.

Pompeo tidak akan membahas sejauh mana sanksi telah mempengaruhi program senjata para nakal tersebut sampai saat ini, namun pada akhirnya mengatakan bahwa CIA "cukup percaya diri", pihaknya dapat memberikan informasi yang dapat dipercaya mengenai kemampuan kemampuan dan pengujian nuklir Korea Utara. pt bestprofit

Sumber : CNN