PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Monday, 1 January 2018

Bestprofit | Kim Jong Un menawarkan cabang zaitun langka ke Korea Selatan

Bestprofit (2/1) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengulurkan ranting zaitun langka ke tetangga selatan negara itu pada hari Senin, menawarkan pembicaraan untuk mengirim delegasi ke Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang bulan depan.

Kim membuat sebuah catatan yang sangat tidak biasa dalam pidato tahunannya di Tahun Baru, yang menyatakan keinginannya "untuk resolusi damai dengan perbatasan selatan kita."

Dia tetap menyuarakan pesan tersebut dengan bahasa yang lebih terkenal, memperingatkan Amerika Serikat bahwa ambisi nuklir Korea Utara sekarang sudah selesai dan tombol peluncurnya "selalu ada di meja kerja di kantor saya."

Park Soo-hyun, juru bicara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, mengatakan bahwa kantor Presiden menyambut baik komentar Kim tentang perlunya memperbaiki hubungan antar-Korea dan keinginannya untuk mengirim delegasi ke Olimpiade.

"Kantor Presiden telah menyatakan keinginannya untuk berbicara dengan Korea Utara kapan saja, dimana saja dan terlepas dari formalitasnya jika ini untuk normalisasi hubungan antar Korea dan untuk perdamaian Semenanjung Korea," kata juru bicara tersebut, menambahkan bahwa kantor Presiden juga "berharap Korea Selatan dan Korea Utara akan secara damai menyelesaikan masalah nuklir Korea Utara sambil bekerja sama dengan masyarakat internasional."

Komentar Kim di Korea Selatan mengejutkan analis, yang menggambarkan mereka sebagai bagian terpenting dari pidatonya.

Ketegangan dengan Selatan telah tinggi karena Kim telah memimpin peningkatan dramatis dalam laju program senjata Korea Utara. Pada bulan September, rezim tersebut melakukan uji coba nuklir keenam dan paling kuat. bestprofit

Dalam sambutannya, Kim meminta perdamaian di semenanjung Korea. "Utara dan Selatan harus bekerja sama untuk mengurangi ketegangan dan bekerja sama sebagai orang yang memiliki warisan yang sama untuk menemukan kedamaian dan stabilitas," kata Kim, menurut sebuah terjemahan CNN atas pidatonya.

Dia menambahkan bahwa perwakilan Korea Utara harus memulai pembicaraan dengan rekan-rekan mereka di Korea Selatan "sesegera mungkin" untuk mendiskusikan pengiriman delegasi ke Olimpiade Musim Dingin 2018.

Kim terus berharap Korea Selatan sukses dalam menyelenggarakan Olimpiade mendatang dan mengatakan bahwa acara tersebut akan menjadi "kesempatan bagus" untuk menunjukkan kebesaran orang-orang Korea.

Juru bicara kepresidenan Korea Selatan setuju.

"Jika Olimpiade PyeongChang dapat berhasil diselenggarakan sebagai Olimpiade perdamaian, ini akan memberikan kontribusi bagi perdamaian dan harmoni Semenanjung Korea dan Asia Timur Laut, juga juga bagi dunia," kata Park.

Tapi Kim mengingatkannya pada AS. "Seluruh daratan AS berada dalam jangkauan senjata nuklir kita dan tombol nuklir selalu ada di meja kantor saya. Mereka harus secara sadar menyadari bahwa ini bukan ancaman tapi kenyataan," kata Kim. bestprofit

"Tidak peduli berapa banyak Amerika ingin menyerang kita dengan kekuatan militer dan tenaga nuklir mereka, mereka tahu bahwa sekarang kita memiliki kekuatan nuklir yang hebat dan oleh karena itu mereka tidak akan berani," lanjutnya, menambahkan bahwa pencapaian terbesar negara itu pada tahun 2017 adalah " pencapaian bersejarah untuk menyelesaikan kemampuan nuklir kita. "

Euan Graham, direktur Program Keamanan Internasional di Lowy Institute, mengatakan kepada CNN bahwa nada melunak ke Korea Selatan mengejutkan.

"Cabang zaitun mencoba menjangkau ke Selatan, itu adalah perubahan yang paling signifikan, karena sampai sekarang, mereka sama sekali tidak menunjukkan minat untuk berhubungan dengan Selatan, atau siapa pun dalam hal ini," katanya.

"Tapi cabang zaitun selalu dibungkus dengan semacam lapisan yang berperang di Korea Utara, ini tidak berarti akhir dari program nuklir ... Bahkan jika mereka berhasil menjangkau dan mengirim delegasi ke Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, itu tidak akan terjadi. mengejutkan saya sama sekali jika mereka menemani dengan program pengujian yang berlanjut seperti musim semi datang, apakah itu peluncuran kapal selam atau peluncuran satelit. "

Ketegangan meningkat antara Amerika Serikat dan Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir. Adm Mike Mullen, mantan ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan pada hari Minggu bahwa Amerika Serikat "mendekati perang nuklir dengan Korea Utara" dari sebelumnya. bestprofit

Dalam sebuah wawancara di ABC's "This Week," Mullen memperingatkan bahwa retorika provokatif Presiden Donald Trump yang ditujukan pada Kim Jong Un cenderung mengindikasikan bahwa dia lebih memilih untuk mengambil pendekatan yang lebih agresif untuk melawan program senjata nuklir rezim nakal yang berkembang pesat.

Pekan lalu, Dewan Keamanan PBB dengan suara bulat mengadopsi sanksi baru terhadap Korea Utara untuk menanggapi uji coba rudal balistik Pyongyang pada tanggal 29 November, yang berusaha untuk lebih mencekik pasokan energinya dan memperketat pembatasan penyelundupan dan penggunaan pekerja Korea Utara di luar negeri.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengeluarkan sebuah laporan yang menjanjikan bahwa negara tersebut akan tetap berkomitmen untuk mengembangkan nuklirnya pada tahun 2018.

"Jangan mengharapkan adanya perubahan dalam kebijakannya," tulis laporan tersebut.

"Badannya sebagai kekuatan yang tak terkalahkan tidak dapat diremehkan atau tidak dicap. DPRK, sebagai negara senjata nuklir yang bertanggung jawab, akan membawa tren sejarah ke satu-satunya jalan menuju kemerdekaan dan keadilan, yang melanda semua ancaman di planet ini," laporan berlanjut, mengacu pada nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

Pada awal Desember, AS melakukan putaran latihan militer lain dengan Korea Selatan, yang melibatkan konsentrasi terbesar jet tempur F-22 dan F-35 generasi kelima yang pernah dirakit di Korea Selatan.

Pertandingan perang tersebut termasuk serangan terhadap situs peluncuran rudal Korea Utara dengan demonstrasi di Korea Utara. bestprofit

Dalam pidato Tahun Baru, Kim kembali mengecam latihan tersebut.

"Latihan militer yang Anda miliki dengan musuh kita Amerika Serikat harus dihentikan pada saat ini, karena perilaku ini hanya menyebabkan kebakaran dan perusakan di negara besar ini," kata pemimpin Korea Utara, yang tampaknya menangani Korea Selatan.

Tong Zhao, seorang rekan di Carnegie-Tsinghua Center di Beijing mengatakan kepada CNN bahwa Kim "tidak ingin tampil mengancam dan provokatif."

"Dia ingin meyakinkan masyarakat internasional bahwa senjata nuklirnya murni untuk membela diri dan ingin memiliki solusi yang dinegosiasikan dengan Amerika Serikat atas dasar bahwa dia dapat mempertahankan kemampuan jera nuklirnya, kata Zhao.

"Setelah mencapai kemampuan pencegahan strategis awal, Korea Utara mungkin ingin mengurangi ketegangan dan melihat Olimpiade Musim Dingin sebagai sebuah kesempatan emas. Pertandingan tersebut memungkinkan Washington dan Seoul untuk memenuhi permintaan Pyongyang untuk menahan diri - menyesuaikan latihan militer - tanpa kehilangan muka dan tampak lemah di Pyongyang. " bestprofit

Sumber : CNN