PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Sunday, 22 October 2017

Bestprofit | Koneksi gelap Korea Utara dengan Afrika

Bestprofit (23/10) - Heroes 'Acre muncul di sebuah bukit yang menghadap ke Windhoek, ibukota Namibia yang rapi.

Di bawah langit biru yang cemerlang, serangkaian langkah granit meluncur ke atas dalam irisan menuju patung perunggu kemenangan seorang tentara yang tidak dikenal.

Di satu sisi, tentara perjuangan pembebasan membawa senapan Kalashnikov. Di sisi lain, dia melempar apa yang tampak seperti granat tongkat era Soviet.

Desain bergaya komunis bukanlah kebetulan. Heroes 'Acre dibangun oleh sebuah perusahaan Korea Utara.

Di seberang Afrika dari sini ke Gaborone, dari Luanda ke Dakar, pemerintah telah melakukan kesepakatan dengan negara Korea Utara selama bertahun-tahun.

Dan sebagai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang terus-dekat untuk mempersenjatai sebuah rudal balistik antar benua dengan sebuah hulu ledak nuklir, penyelidik Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih dekat dengan hubungan Pyongyang di Afrika.
PBB mengatakan banyak kontraknya dengan Mansudae, perusahaan milik negara Korea Utara dan sapi perah untuk rezim nakal tersebut.

"Uang ini sangat penting," kata Hugh Griffiths, koordinator Panel Pakar PBB untuk Korea Utara, badan tersebut bertugas untuk memantau penegakan sanksi terhadap negara tersebut.

"Kami melihat setidaknya 14 negara anggota African (PBB) di mana Mansudae sendiri menjalankan operasi konstruksi yang cukup besar - membangun segala sesuatu mulai dari pabrik amunisi, hingga istana kepresidenan, hingga blok apartemen."

Seringkali, kontrak melibatkan monumen seperti Heroes 'Acre.

Patung-patung itu bisa sangat raksasa - Monumen Renaissance Afrika di Dakar tingginya hampir 40 meter (160 kaki). Mereka memperingati pahlawan pembebasan dan gerakan kemerdekaan dan menyerupai patung Kim Il Sung atau Kim Jong Il, dua pemimpin Korea Utara sebelumnya dan kakek dan ayah dari Kim Jong Un.

Griffiths mengatakan puluhan juta dolar sedang dibuat oleh Mansudae di Afrika. bestprofit
"Korea Utara bisa menghasilkan sedikit uang," kata Griffiths.

Beberapa upaya oleh CNN untuk mencapai Mansudae di Namibia melalui nomor telepon yang tercantum dalam sanksi Departemen Keuangan AS tidak berhasil. Seorang perwakilan Kedutaan Besar Korea Utara di Afrika Selatan, yang diduga bertindak sebagai titik transit untuk uang haram di wilayah tersebut, menolak untuk menanggapi pertanyaan tentang Mansudae.

Namibia, untuk bagiannya, pergi semua dengan Korea Utara.

Ada patung Sam Nujoma, ayah pendiri Namibia, memegang konstitusi di depan Museum Nasional berwarna emas (dikenal sebagai "tukang cer dalam" oleh beberapa penduduk setempat karena bentuknya yang tidak biasa), dan istana kepresidenan yang baru dibangun dengan seorang raksasa kuningan marshal elang di alas depan.

Semua dibangun berdasarkan kontrak dengan rezim nakal.

Pemerintah Namibia mengakui bahwa mereka memiliki kontrak, namun mengatakan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apa pun.

"Semua ini disepakati sebelum sanksi oleh PBB.Tetapi ketika sanksi diberlakukan, kami harus mematuhi dan kemudian kami harus menghentikan semua kontrak, kami harus mengakhiri kontrak yang kami lakukan dengan Korea Utara," Wakil Perdana Menteri Namibia Netumbo Nandi-Ndaitwah mengatakan kepada CNN.

Bisnis patung Mansudae diletakkan di bawah sanksi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada akhir 2016.

Panel PBB mengatakan bahwa perusahaan Korea Utara bekerja sama di Namibia dengan entitas lain yang disebut Korea Mining Development Trading Corporation (KOMID), yang oleh Departemen Keuangan AS menggambarkan sebagai agen senjata utama Korea Utara. KOMID telah mendapat sanksi sejak 2009.

Tepat di luar pusat kota Windhoek yang indah di kawasan industri di dekat tempat pembuatan bir terbesar di Namibia, terletak kompleks gudang yang luas yang dijaga oleh kamera televisi sirkuit tertutup dan pagar tinggi.

Dengan singa norak yang berjaga di gerbang dan pemandangan binatang yang dilukis di dinding depan, bisa dengan mudah disalahartikan sebagai perusahaan wisata.

Namun review CNN terhadap akta judul menunjukkan bahwa properti tersebut dijual pada tahun 2004 ke Mansudae sekitar 1,6 juta dolar Namibia (sekitar $ 120.000) dan perusahaan Korea Utara masih memilikinya.

Dan sepertinya markas Mansudae aktif sampai beberapa minggu yang lalu.
Johann Karstens, manajer produsen ban terdekat, mengatakan kepada CNN bahwa dia akan datang paling pagi untuk melihat apa yang terjadi dengan tetangga yang tidak biasa.
"Hanya ada pria di kompleks itu yang tinggal dan bekerja," katanya.

"Mereka memindahkan truk konstruksi besar mereka dengan cepat masuk dan keluar, tapi tidak pernah ketinggalan di luar."

Dari toko ban di sebuah bukit di atas properti Mansudae, seseorang dapat melihat kompleks gudang, kebun sayur dan rumah kaca yang luas. Di kebun, orang-orangan sawah dibesarkan di sebuah pos mengenakan seragam abu-abu yang khas pekerja Korea Utara. bestprofit
Tapi tidak ada tanda-tanda Korea Utara.

"Dua atau tiga minggu yang lalu saya melihat yang terakhir pergi dengan pickup," kata Karstens saat kami berbicara dengannya pada awal Oktober.

Mauritz van Niekerk, tetangga di sisi lain kompleks itu, menguatkan garis waktu itu. Dan dia mencatat sesuatu yang lain.

"Saya sering melihat kendaraan pemerintah masuk dan keluar," katanya, menambahkan bahwa mereka memiliki pelat nomor pemerintah khusus yang dikenal orang-orang Namibia.
Bagi negara-negara seperti Namibia, kemungkinan menerima bantuan minimal $ 60 juta, hubungan Korea Utara sangat kikuk.

"Kami tahu bahwa kegiatan yang telah dilakukan dalam kegiatan di mana orang-orang Korea terlibat tidak dapat benar-benar dianggap menghasilkan jumlah uang yang begitu banyak," kata Wakil Perdana Menteri Namibia Nandi-Ndaitwah.

Nandi-Ndaitwah menegaskan bahwa Namibia telah menghentikan semua operasi Korea Utara dan semua pekerja konstruksi Korea Utara telah meninggalkan negara tersebut, sesuai dengan sanksi PBB.

Tahun lalu, surat kabar milik pemerintah Namibia New Era melaporkan bahwa pejabat Namibia telah bertemu dengan rekan-rekan PBB di New York dan telah dibebaskan.

Nandi-Ndaitwah mengatakan bahwa itu adalah kesalahpahaman.

"Kami terus memberikan laporan kami," kata Nandi-Ndaitwah.

Tapi Griffiths, koordinator PBB, membantahnya. Dia mengatakan panel PBB belum menerima tanggapan dari Namibia terhadap permintaan spesifik selama lebih dari satu tahun.

"Tidak cukup untuk berbicara di media, tidak cukup untuk mengatakan bahwa Anda telah dibebaskan oleh PBB karena pelanggaran sanksi di Korea Utara karena hal itu tidak benar. Panel menangani fakta-fakta keras - dengan bukti - dan ini adalah Apa yang telah kita minta selama berbulan-bulan sekarang, "kata Griffiths. bestprofit

Dari negara-negara Afrika lainnya yang disebut dalam laporan sanksi PBB, selain Namibia, Republik Demokratik Kongo, Uganda, Tanzania dan Angola belum menjawab pertanyaan tersebut, menurut laporan tahunan panel tersebut, yang dikeluarkan pada bulan Februari.
Tapi tanpa cabang penegakan hukum, panel PBB kadang-kadang berjuang untuk mendapatkan jawaban dari negara-negara anggota di seluruh dunia.

"Ini adalah fungsi untuk tidak terus terang dan menyeret kaki Anda. Semua hal tersebut memberi kesempatan kepada jenis pemerintah untuk menggunakan penyangkalan yang masuk akal," kata John Park, direktur Kelompok Kerja Korea di Harvard Kennedy School of Government.

Monumen dan patung mungkin adalah sumber penghasilan tunai Korea Utara yang paling jelas di benua Afrika, namun hubungannya tidak hanya estetika.

Sekitar 40 menit berkendara ke selatan Windhoek menyusuri jalan aspal murni yang diapit oleh semak belukar gurun, tepat di belakang serangkaian perbukitan, merupakan tempat persinggahan yang mencolok.

Inilah jalan tanah menuju Oamites, sebuah tambang tembaga dan perak tua yang diubah menjadi pabrik militer.

Menurut panel PBB, Namibia mengontrak pekerja Korea Utara dan perusahaan negara untuk membangun pabrik amunisi di sini - sebuah pelanggaran yang jelas terhadap sanksi PBB yang terjadi hampir satu dekade.

Griffiths mengatakan bahwa pendahulunya melakukan perjalanan ke Windhoek pada tahun 2013 dan diberi tahu bahwa Namibia mematuhi semua resolusi PBB.

"Sebenarnya, pada saat itu ada sekelompok besar pekerja Korea yang membangun pabrik amunisi yang secara langsung melanggar resolusi, jadi mereka tidak benar," katanya.

Namibia mengumumkan bahwa mereka menghentikan pembangunan pada bulan Juni 2016.
Namun panel tersebut belum mendapat konfirmasi dari Namibia tentang penutupan atau bukti bahwa para pekerja telah pergi. Wakil perdana menteri Namibia mengklaim bahwa semua pekerja telah pergi, tapi tidak menentukan kapan.

"Karena sebagai negara anggota kita harus patuh. Jadi kita patuhi," kata Nandi-Ndaitwah.
Namibia hampir tidak sendirian ketika harus menggunakan orang Korea Utara untuk membangun senjata.

Dalam laporan panel PBB yang baru-baru ini, yang keluar pada bulan September, para penyelidik mengatakan bahwa Mozambik dan Tanzania dituduh mengontrak orang-orang Korea Utara untuk memperbaiki sistem rudal udara ke udara.

Setelah beberapa kali mencoba, pejabat Mozambik tidak dapat dihubungi untuk mengomentari tuduhan tersebut.

Hassan Abbas, juru bicara pemerintah Tanzania, membantah tuduhan tersebut.

"Ya, kami memiliki hubungan dengan Korea Utara di masa lalu, namun saat sanksi diberlakukan, kami memutuskan semua hubungan dengan Korea Utara," katanya.

Juru bicara militer Uganda segera mengakui bahwa mereka memiliki kontrak militer dengan Korea Utara, namun mengatakan bahwa mereka telah dihentikan.

"Korea Utara terakhir pergi pada bulan September, mereka melatih kekuatan kita dalam seni bela diri dan mendukung kita untuk meningkatkan kemampuan militer kita," kata Brigadir. Richard Karemire, juru bicara Angkatan Darat Uganda. "Informasikan kepada seluruh dunia bahwa Uganda mematuhi sepenuhnya. bestprofit

Hubungan Korea Utara dengan Afrika ditempa dengan lebih dari sekedar perunggu dan peluru.

Kim Il Sung, ayah pendiri Korea Utara, melihat dirinya sebagai pemimpin sejati penyebab komunis global. Dan di tahun 1960an, Afrika adalah tanah yang subur.

"Kim Il Sung biasa membanggakan dirinya sebagai orang yang membantu revolusi di mana-mana," kata Rodger Baker, wakil presiden di perusahaan intelijen geopolitik Stratfor.

Untuk mendorong gerakan ini, Korea Utara memberikan uang, senjata dan keahlian militer.
Warisan Kim di Afrika berlanjut dengan saudara laki-laki Kim Pyong Il - Kim Jong Il dan saingannya untuk menggantikan ayah mereka - yang, sebagai seorang perwira militer, adalah seorang agen senjata yang produktif di Afrika, menurut Park, dari Harvard's Kennedy School .

"Peran militer Korea Utara di Afrika memiliki hubungan yang sangat dekat dengan keluarga Kim sendiri," kata Park. "Ini adalah masalah warisan kuat yang menciptakan jaringan ikat ini."

Heroes 'Acre muncul di sebuah bukit yang menghadap ke Windhoek, ibukota Namibia yang rapi.

Di bawah langit biru yang cemerlang, serangkaian langkah granit meluncur ke atas dalam irisan menuju patung perunggu kemenangan seorang tentara yang tidak dikenal.

Di satu sisi, tentara perjuangan pembebasan membawa senapan Kalashnikov. Di sisi lain, dia melempar apa yang tampak seperti granat tongkat era Soviet.

Desain bergaya komunis bukanlah kebetulan. Heroes 'Acre dibangun oleh sebuah perusahaan Korea Utara.

Di seberang Afrika dari sini ke Gaborone, dari Luanda ke Dakar, pemerintah telah melakukan kesepakatan dengan negara Korea Utara selama bertahun-tahun.

Dan sebagai pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang terus-dekat untuk mempersenjatai sebuah rudal balistik antar benua dengan sebuah hulu ledak nuklir, penyelidik Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa lebih dekat dengan hubungan Pyongyang di Afrika.
PBB mengatakan banyak kontraknya dengan Mansudae, perusahaan milik negara Korea Utara dan sapi perah untuk rezim nakal tersebut.

"Uang ini sangat penting," kata Hugh Griffiths, koordinator Panel Pakar PBB untuk Korea Utara, badan tersebut bertugas untuk memantau penegakan sanksi terhadap negara tersebut.

"Kami melihat setidaknya 14 negara anggota African (PBB) di mana Mansudae sendiri menjalankan operasi konstruksi yang cukup besar - membangun segala sesuatu mulai dari pabrik amunisi, hingga istana kepresidenan, hingga blok apartemen."

Seringkali, kontrak melibatkan monumen seperti Heroes 'Acre. bestprofit

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Korea Utara mendorong pasar perbatasan yang sangat membutuhkan uang tunai karena China tampaknya lebih serius menerapkan sanksi PBB.

Tapi tekanannya meningkat.

Dengan Kim Jong Un yang terus bergerak menuju ICBM berujung nuklir, AS, Jepang, Korea Selatan dan lainnya semakin berusaha memeras Korea Utara di manapun mereka beroperasi.

Jepang baru saja membekukan aset Namibia karena terus melakukan bisnis dengan Korea Utara.

"Sudah jelas, hentikan uangnya dan Anda akan memperlambat program," kata Griffiths.
Ada tanda-tanda tidak langsung bahwa itu sedang terjadi. Di Windhoek, lokasi pembangunan markas besar Kementerian Pertahanan yang baru dibangun oleh warga Korea Utara, sedang menganggur. Kantor pusat industri Mansudae CNN yang berkunjung ke luar Windhoek juga sepi.

Tapi Griffiths mengutip Tanzania sebagai kisah peringatan, tempat program diperlambat, hanya untuk memulai lagi. Dan PBB dan Departemen Keuangan AS mengatakan perusahaan China telah diketahui mengambil alih proyek hanya untuk mensubkontrakkan mereka ke Korea Utara. Cina telah lama mempertahankan bahwa mereka sepenuhnya mematuhi semua resolusi sanksi PBB.

Wakil perdana menteri Namibia mengatakan bahwa semua pekerja Korea Utara telah meninggalkan negara tersebut, namun tidak akan menentukan kapan.

"Karena sebagai negara anggota kita harus patuh. Jadi kita patuhi," kata Nandi-Ndaitwah.
Dia mengatakan bahwa Namibia telah mengundang panel PBB untuk datang untuk menyelidiki, namun Griffiths dan panel PBB menginginkan bukti dan dokumentasi tertulis dari negara-negara yang terlibat di Afrika, termasuk Namibia.

Jika tidak, Griffiths mengatakan, uang itu masih bisa mengalir ke rezim Kim Jong Un.

"Panel telah mengunjungi Namibia sebelumnya dan seperti yang mereka katakan, 'pernah tertipu, dua kali malu.' Kami tidak akan kembali untuk beberapa kunjungan wisatawan. Kita perlu melihat buktinya, "katanya. bestprofit

Sumber : CNN