PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Thursday, 28 April 2016

Perdebatan Soal Perang Vietnam Berlanjut Hingga 50 Tahun Kemudian

BESTPROFIT FUTURES MALANG (29/4) - Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry menyampaikan pidato penting yang emosional dalam KTT Perang Vietnam di Perpustakaan Presiden LBJ, di kampus University of Texas di Austin. Kerry, yang berdinas di Vietnam dan kemudian memprotes perang tersebut, sempat terbata-bata sewaktu berbicara mengenai pengorbanan banyak orang yang berdinas dalam konflik itu, serta transformasi hubungan Amerika-Vietnam melalui perdagangan dan bidang-bidang kerjasama lainnya, yang menurutnya membuat dua bekas musuh itu menjadi mitra.
Sama seperti kontroversi mengenai perang Vietnam yang terus berlanjut partisipasi Kerry dalam acara tersebut juga menghadapi sejumlah kontroversi. Sebagian veteran Perang Vietnam mengangkat isu mengenai perannya dalam acara tersebut, mencemoohnya sebagai seseorang yang menolak terlibat perang untuk tujuan yang mereka perjuangkan di Vietnam, yakni menyelamatkan Vietnam Selatan dari penjajah komunis.
Sebagian pengritik Kerry hadir mengikuti KTT Vietnam itu dan pada acara untuk menghargai mereka yang bertugas di Vietnam, yang diadakan di pelataran di luar perpustakaan. Edward Zielinski, pilot helikopter di Vietnam pada tahun 1969 dan 1970, berang atas kehadiran Kerry.
Ĺ“Menurut saya ini memalukan, karena bagi saya ia adalah pengkhianat, khususnya terhadap veteran Perang Vietnam, ujarnya. Ia termasuk di antara para veteran yang merasa dikhianati oleh protes antiperang Kerry setelah ia pulang dari perang tersebut. Banyak di antara mereka juga meyakini bahwa ia memanfaatkan dinas militernya serta tentangannya mengenai perang itu untuk memajukan ambisi politiknya.
Sumber : VOA