PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 6 March 2016

Bursa Eropa Bukukan Kenaikan Mingguan 3 Persen

BESTPROFIT FUTURES MALANG (7/3) - Bursa saham Eropa membukukan kenaikan yang mantap pada akhir perdagangan akhir pekan Jumat, terdorong reli di saham pertambangan, data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan, dan pemulihan harga minyak.

Kenaikan bursa Eropa didukung sentimen positif data yang menunjukkan ekonomi AS menambahkan lebih baik dari perkiraan 242.000 pekerjaan pada bulan Februari. Tingkat pengangguran yang datang pada stabil 4,9 persen. Ekonom awalnya mengharapkan 190.000 posisi baru dan tidak ada perubahan pada tingkat pengangguran.

Meskipun jumlah yang kuat, upah per jam rata-rata menurun, jatuh 3 sen untuk bulan. Pembuat kebijakan Fed akan mencari bukti inflasi upah. Rata-rata minggu kerja jam juga menurun 0,2 jam untuk 34,4.

Meskipun sepat dibuka lemah, bursa saham AS diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada Jumat, setelah laporan pekerjaan bulanan dan harga minyak mendorong sentimen pasar.

Di luar berita AS, investor mencermati harga minyak, yang menunjukkan tanda-tanda pemulihan pada Jumat, menyusul data pekerjaan positif.

Harga minyak melonjak 3 persen atau lebih pada penutupan Eropa, dengan harga minyak mentah Brent naik ke $ 38,43 per barel, sementara yang harga minyak mentah AS W.T.I juga melonjak, naik sekitar $ 35,72. Saham Seadrill memiliki hari terbaik dalam 7 tahun pada hari Jumat, di belakang harga minyak yang positif dan berita bahwa pemiliknya menjual 37,8 juta saham di Marine Harvest, menurut Reuters. Saham meroket, ditutup hampir 39 persen lebih tinggi.

Saham Subsea 7 juga ditutup naik 8,8 persen, meskipun UBS memangkas target harga untuk saham.

Para penambang juga mendapat beberapa dukungan dari harga logam dengan investor mengabaikan data lemah dari Tiongkok awal pekan ini. Saham Glencore ditutup naik hampir 12 persen dengan saham BHP Billiton menyelesaikan lebih dari 9 persen. Sumber dasar adalah sektor berkinerja terbaik hari Jumat, menutup 6,4 persen.

Saham Anglo American melonjak 11 persen. Ini datang sebagai penambang mencapai penyelesaian $ 30 juta AngloGold Ashanti, setelah 4.400 penambang emas kontrak terkena penyakit paru-paru saat bekerja di bawah tanah, Reuters melaporkan.

Di sisi pendapatan, London Stock Exchange mencatat kenaikan 27 persen laba operasional disesuaikan ketika bergerak menuju merger potensial dengan Deutsche Boerse. Namun saham ditutup hampir 1,5 persen lebih rendah.

Perusahaan periklanan WPP selesai dalam zona merah, meskipun meraih keuntungan yang kuat di awal, setelah mengumumkan bahwa laba sebelum pajak setahun penuh meningkat 2,8 persen pada tahun 2015.

Saham perusahaan keamanan digital belanda, Gemalto ditutup lebih dari 9 persen lebih tinggi setelah membukukan laba bersih setahun penuh yang mengalahkan ekspektasi analis.

Dalam berita lain, sektor perbankan dalam indeks STOXX 600 ditutup naik sekitar 5,7 persen pada pekan ini, minggu terbaik dalam lebih dari satu tahun, kembali ke pekan yang berakhir 23 Januari 2015 ketika sektor perbankan STOXX naik 5,99%.


Sumber : Vibiznews