PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 1 November 2015

Partai AK Kembali Rebut Kursi Mayoritas Parlemen Turki

BESTPROFIT FUTURES MALANG (2/11) - Partai pendukung pemerintah Turki, AKP, kian memperkokoh kekuasaannya. Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menyatakan AKP atau Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa memenangkan pemilu parlemen, yang merupakan pencoblosan kali kedua dalam beberapa bulan terakhir.

Di hadapan para pendukungnya, Minggu (1/11/2015) malam waktu setempat, Davutoglu mengatakan pemerintah akan membangun kembali Turki bersama semua elemen masyarakat lain. Termasuk mereka yang mencoblos partai-partai lain.

"Ini adalah hari kemenangan," ucap Davutoglu di kota kelahirannya, Konya. "Kemenangan ini milik semua orang," imbuh PM Davutoglu, seperti dikutip dari BBC, Senin (2/11/2015).

"Tidak ada yang kalah, semuanya menang. Kita akan membangun kembali Turki yang baru bersama semua elemen rakyat," sambung Davutoglu.

Sejauh ini hampir seluruh kartu suara telah dihitung. Hasilnya memperlihatkan AKP meraih lebih dari 276 kursi -- jumlah minimal yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Sementara Partai pro-Kurdi, HDP, mendapatkan lebih dari 10% atau setara dengan 59 kursi di parlemen -- 21 kursi lebih sedikit dari perolehan pada pemilu Juni lalu, ketika Partai AKP untuk pertama kalinya dalam kurun 13 tahun gagal menjadi kekuatan mayoritas.

Ketika itu upaya untuk membentuk pemerintah koalisi gagal hingga diputuskan digelar kembali pencoblosan pada 1 November 2015. (Ans/Nda)


Sumber : Liputan6