PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 25 October 2015

Mengenal TB145, Asteroid `Hantu` yang Bakal Mendekati Bumi

BESTPROFIT FUTURES MALANG (26/10) - Kabar asteroid yang akan mendekati orbit lintasan Bumi pada akhir Oktober 2015 menjadi hangat diperbincangkan. Namun, NASA sudah mengimbau masyarakat terlebih dahulu agar tidak panik dengan asteroid ini. Pasalnya, asteroid yang dijuluki dengan kode `2015 TB145` itu akan berada di lintasan paling aman dan tidak akan menabrak Bumi.

Sebagai informasi, asteroid ini juga disebut sebagai asteroid `Halloween` atau ghost asteroid (asteroid hantu) di wilayah barat karena konon akan berada di jarak terdekatnya sekitar 199 ribu kilometer pada 31 Oktober 2015, yakni di hari perayaan Halloween. Lantas, seperti apa seluk beluk asteroid hantu ini?

Mengutip informasi laman Space, Senin (26/10/2015), asteroid TB145 memiliki diameter 620 meter. Para astronom pun kagum dengan ukuran asteroid ini, karena tergolong raksasa dan jika diukur dengan skala bangunan yang ada di Bumi, TB145 diyakini memiliki ukuran setinggi gedung pencakar langit.

Jika dibandingkan dengan asteroid Chelyanbinsk yang sempat menghempas langit wilayah Rusia pada 2013 lalu, asteroid tersebut hanya memiliki diameter sebesar 20 meter, namun menghasilkan dampak hempasan hampir 30 kali lebih kuat dari serangan bom atom Hiroshima Nagasaki di Jepang.

Bahkan, TB145 dicatat NASA sebagai asteroid yang memiliki manuver paling dekat dengan Bumi sejak tahun 2006. Jarak paling dekat asteroid ini diprediksi setara jarak Bumi dengan Bulan, yaitu 479 ribu kilometer.

Bicara soal kecepatan, TB145 juga memiliki laju kecepatan yang tidak biasa. Menurut keterangan yang dilaporkan NASA, asteroid ini dapat melaju sekitar 12.600 kilometer per jam.

"Asteroid ini menjadi salah satu target radar terbaik di 2015. Lintasan terbangnya menunjukkan kecepatan luar biasa," tulis laporan dari Jet Propulsion Laboratory NASA.

Meski berada dalam lintasan terdekat dengan Bumi kita, asteroid ini justru tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, namun harus dipantau menggunakan teleskop luar angkasa Pan-STARRS yang berlokasi di Hawaii.

NASA pun telah memprediksi, setelah asteroid TB145 ini menyelesaikan lintasan `Halloween` pada akhir Oktober nanti, objek antariksa berikutnya yang mendekat ke Bumi adalah asteroid NEO 1999 AN10 pada Agustus 2027 mendatang.(jek/dew)


Sumber : Liputan6