PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 13 September 2015

NASA Kembangkan Material Anti Rusak

BESTPROFIT FUTURES MALANG (14/9) - Beberapa peneliti NASA di Langley Research Center dikabarkan sedang meneliti material baru yang dapat memperbaiki dirinya sendiri ketika menghadapi temperatur yang ekstrem dan dari sampah luar angkasa.Penelitian ini merupakan kerjasama NASA dengan University of Michigan yang telah dilakukan selama hampir 10 tahun dalam rangka menciptakan material yang mampu memperbaiki diri sendiri untuk digunakan pada pesawat luar angkasa.

Dikutip dari laman Techcrunch, Senin (14/9/2015), material ini dibentuk dari polimer organik yang dirancang untuk menghadapi hantaman dari puing-puing luar angkasa.

Unsur kimiawi dalam material ini akan aktif begitu ada hantaman dan langsung menutup lubang atau memperbaiki kerusakan dalam waktu kurang dari satu detik.

Uji coba material ini dilakukan dengan menembakkan peluru ke material tersebut untuk melihat reaksi yang dihasilkan. Setelah peluru menghantam material, molekul-molekul kecil dari inti polimer memang terlihat berhamburan, tapi struktur bangunan material tersebut tetap utuh.

Material ini mungkin dapat digambarkan seperti kemampuan yang dimiliki oleh T-1000 dari film Terminator, yang nantinya diharapkan tidak hanya dapat digunakan untuk keperluan keamanan astronot, namun juga bisa digunakan untuk produk konsumen di masa depan.

NASA sendiri masih terus mengembangkan material tersebut, sebab tahap ini masih dapat dikatakan sebagai langkah awal.

Secara garis besar material ini sudah cukup bekerja dengan baik dan apabila telah disempurnakan bukan tidak mungkin material ini siap digunakan untuk misi manusia ke luar angkasa berikutnya. 

(dam/isk)

Sumber : Liputan6