PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 6 September 2015

Menguak Misteri `Sendok Terbang` di Planet Mars

BESTPROFIT FUTURES MALANG (7/9) - Pekan ini, robot spacecraft milik NASA yang tengah menjelajah planet Mars, Curiosity, mengirimkan beberapa gambar teranyar terkait keadaan di planet merah tersebut.

Dari sejumlah gambar yang berhasil didapat, beberapa di antaranya memang terlihat seperti bebatuan biasa, mengingat ekosistem planet Mars memang dikelilingi oleh material batu. Akan tetapi, yang membuat janggal adalah, jika dilihat lebih lama, bebatuan tersebut membentuk formasi bentuk yang sudah tidak asing dan bisa ditemukan di Bumi, mulai dari piramida, peti mati, iguana, bahkan sampai kepala Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Satu dari gambar terbaru yang berhasil didapat baru-baru ini juga memperlihatkan sesuatu yang cukup aneh. Jika Anda melihat gambar di bawah ini dan berpikir secara imajinatif, salah satu bagian gambar tersebut nampak seperti sebuah sendok terbang yang membentang diantara tebing batu di planet Mars.

Gambar tersebut diperjelas oleh laman Daily Mail dengan memberikan spot circle merah untuk memperlihatkan penampakan menyerupai sendok.


Curiosity sejauh ini memang hanya bertugas memantau dan mengirimkan gambar-gambar keadaan planet Mars. Berbagai spekulasi pun dilontarkan apakah gambar tersebut sejatinya memperlihatkan sebuah sendok atau hanya bebatuan yang membentuk formasi sendok.

Seth Shostak, salah satu ilmuwan dari pusat riset Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI), menjelaskan bahwa gambar tersebut memperlihatkan formasi yang disebut 'apophenia' yang dimana membuat mata manusia melihat sebuah pattern dengan asosiasi pikiran yang pertama kali muncul di kepala mereka.

"Mata manusia bisa melacak objek dengan cepat dan mampu menyalurkan apa yang telah mereka lihat ke otak berdasarkan seberapa besar objek tersebut meyakinkan mereka, bahwa itu merupakan hal yang sering mereka temui," ungkap Seth.

Dengan kata lain, Seth mengungkapkan bahwa tidak ada sendok terbang di planet Mars. Jelas, hal itu merupakan bebatuan yang membentuk sendok sehingga mensugestikan persepsi manusia bahwa itu seolah-seolah merupakan sendok terbang.

Lebih lanjut disebutkan, manusia sejatinya memiliki kemampuan 'pareidolia' dimana mereka bisa melihat objek aneh seperti di Mars dan merespon objek tersebut secara psikologis, dan memberikan efek sugesti berlebih. Otak manusia bisa mengenali sebuah objek yang 'akrab' dengan kehidupan sehari-hari, namun sebenarnya objek itu tidak ada.

Oleh karena itu, manusia pada umumnya lebih terpengaruh dengan visual dan langsung mempersepsikannya ke dalam pikiran mereka terkait apa yang mereka lihat.

(jek/dhi)


Sumber : Liputan6