PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 19 July 2015

Pemilihan Kelompok Manusia Calon Penghuni Planet Mars Berlanjut

BESTPROFIT FUTURES MALANG (20/7) - Penasaran ingin mengetahui bagaimana pemilihan kelompok manusia yang akan dikirim ke Planet Mars? Ini dia. Sekelompok orang sedang menjalani proses pemilihan dan ujian untuk menjadi manusia-manusia pertama yang dikirim ke planet merah tersebut.

Seperti dilansir laman mars-one.com yang dikutip pada Minggu (19/7/2015), badan nirlaba di Belanda tersebut sedang memproses dan menyaring 100 orang menjadi 24 orang.

Dalam tulisan bertajuk 'Pemilihan dari 100 Menjadi 24', Kepala Kedokteran Mars One, Norbert Kraft, menguraikan putaran ketiga dan keempat terkait pemilihan para calon yang akan berangkat dalam penerbangan satu arah ke Planet Mars.

Menurut dia, putaran ketiga akan berlangsung 5 hari dan berkutat kepada tantangan dinamika kelompok dan pengamatan para calon yang dihimpun dalam kelompok 10 hingga 15 orang selagi mereka bekerja bersama untuk memecahkan permasalahan.

Setelah jumlahnya tinggal 40 orang, para calon akan dibawa ke putaran keempat di mana mereka diwajibkan hidup sendirian dalam pengasingan selama 9 hari hingga akhirnya tinggal 30 orang yang bertahan.

Sesudah itu, imbuh Kraft, barulah diadakan 'Wawancara Kepatutan Penghuni Mars' yang berlangsung empat jam hingga menyisakan 24 orang calon saja yang akan mendapatkan penawaran pekerjaan penuh waktu dengan Mars One.

“Amatlah penting bagi para calon untuk mawas diri tentang bagaimana mereka bertindak dalam situasi berdekatan yang berkepanjangan satu sama lain,” ujar Kraft.

“Selama perjalanan dan kedatangan di Planet Mars, mereka akan saling bertemu 24 jam sehari. Pada saat demikian, hal-hal yang sepele pun akan menjadi sangat mengganggu. Perlu dinamika kelompok tertentu untuk mampu menangani hal ini dan tugas kamilah untuk mendapatkan mereka yang paling tepat untuk tantangan demikian,” sambung dia.

Diawali Tahun 2012

Proyek Mars One diumumkan pada 2012 dan bertujuan mendaratkan manusia menjadi penghuni Mars di tahun 2025. Di sana mereka akan tinggal seumur hidupnya. Para calon penghuni berikutnya akan dikirimkan lagi ketika posisi Bumi dan Mars memungkinkan bagi peluncuran yang diperkirakan terjadi setiap 18 bulan.

Mereka akan tinggal di tempat yang sebelumnya disiapkan oleh kendaraan penjelajah tak berawak. Mereka juga harus berkeliaran di tanah baru untuk mencari sendiri bahan-bahan mentah di sana dan secara bersamaan menjadi bagian dari tayangan reality show televisi yang disiarkan langsung ke Bumi.

Dari penelusuran dunia maya diketahui bahwa sejumlah pihak bahkan menjadi sangat sinis dengan upaya ini dan menyebutnya sebagai sekadar tipuan untuk menghimpun dana.

Belakangan ini timbul berbagai keraguan mengenai proyek ini, terutama terkait dengan masalah teknologi, keanehan penggunaan statistik untuk pemilihan, dan munculnya kesulitan dalam model bisnisnya.

Namun demikian, pihak Mars One tetap bersikeras maju terus dan menjadwalkan putaran pemilihan calon berikutnya pada September 2016. (Alx/Ans)


Sumber : Liputan6