PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 5 July 2015

Lihainya Apple Jaga Rahasia Pengembangan Produk Baru

BESTPROFIT FUTURES MALANG (6/7) - Apple dikenal sangat tertutup soal operasional hariannya, khususnya pengembangan produk baru. Bahkan para karyawan kemungkinan tidak tahu dengan rinci mengenai produk yang sedang mereka kerjakan.

Sikap Apple yang sangat menjaga rahasia soal produk-produk yang tengah dikembangkannya ini diceritakan oleh salah satu mantan karyawan magang. Mengingat informasi sensitif yang disampaikannya, ia menggunakan nama Brad untuk menutupi identitas aslinya.

Saat awal kehadirannya di Apple, Brad pernah mengobrol dengan seorang karyawan Apple yang memiliki peran dalam pembuatan iPad generasi pertama. Karyawan itu selama dua tahun bekerja untuk layar 9,7 inci, tapi selama itu pula dia tidak tahu kenapa dia harus mengerjakan hal tersebut.

"Mereka tidak tahu apakah layar itu untuk ponsel 'jumbo' atau laptop kecil. Mereka sama sekali tidak tahu. Mereka mengetahuinya justru saat Steve Jobs (CEO Apple saat itu) berdiri di atas panggung dan memamerkan iPad, yang kemudian mereka sadari itu adalah proyek yang mereka kerjakan selama dua tahun terakhir," ungkap Brad, seperti dilansir Business Insider, Senin (6/7/2015).

Brad pun mengaku kaget mendengar cerita karyawan Apple tersebut. Menurutnya, Apple sangat pandai untuk urusan kerahasiaan. Para karyawan hanya diberikan informasi dasar soal proyek yang mereka kerjakan. Hal ini kadang menyulitkan untuk melakukan kolaborasi. Pasalnya, mereka tidak bisa selalu meminta masukan kepada rekan kerjanya.

"Kadang hal itu membuat hari-hari menjadi sangat sulit, jika Anda membuat sesuatu dan memiliki masalah dengan tim lainnya. Anda tidak bisa meminta bantuan mereka karena memang tidak diizinkan," jelas Brad.

Brad bukan orang pertama yang menceritakan soal bagaimana Apple sangat menjaga kerahasiaan pengembangan produk.

Pada April 2015, seorang developer aplikasi menceritakan pengalamannya saat mengunjungi lab rahasia Apple Watch sebelum jam tangan pintar itu resmi diperkenalkan. Semua developer yang ada di sana harus mengangkat pergelangan tangan mereka ketika ke luar ruangan untuk memastikan tidak ada Apple Watch yang dicuri, bahkan ketika pergi ke kamar kecil.

(din/dew)


Sumber : Liputan6