PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 26 July 2015

Ada Miliaran Planet yang Mirip Dengan Bumi

BESTPROFIT FUTURES MALANG (27/7) - Sebelumnya, NASA mengumumkan telah berhasil menemukan sebuah planet mirip dengan Bumi yang dijuluki Kepler-452b. Dan tampaknya itu hanya permulaan dan mungkin masih banyak planet yang belum terdeteksi.

Mengutip laman Ubergizmo, Senin (27/7/2015), rupanya ada miliaran planet lain di sisi galaksi yang juga mirip seperti Bumi, mengorbit di sekitar apa yang dapat dianggap sebagai "zona layak huni" karena ada kemungkinan terdapat air di permukaan planet tersebut.

Ilmuwan NASA, Natalie Batalha memperkirakan, secara teoritis mungkin ada kehidupan di miliaran planet tersebut. Ia memproyeksikan, dengan pendekatan konservatif, 15% dari bintang memiliki planet antara 1 dan 1,6 kali ukuran Bumi.

"Melalui pendekatan tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa sekitar 15% dari 90% 100 miliar bintang dapat menampilkan planet, dimana 14 miliar diantaranya berpotensi layak huni," ujar Batalha.

Kepler-452b sendiri adalah planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan di zona habitasi bintang yang mirip dengan Matahari. Planet yang ukurannya sekitar 60% lebih besar dari Bumi itu terletak sekitar 1.400 tahun cahaya di konstelasi Cygnus.

Meski jarak Kepler-452b ke bintangnya lebih jauh dari Bumi ke Matahari, namun sumber cahaya di sana lebih terang sehingga planet tersebut mendapatkan jumlah energi sama seperti yang diterima dunia yang ditinggali manusia.

Sebelum Kepler-452b ditemukan, planet lain yang juga ditemukan teleskop Kepler adalah Kepler-186f. Saat itu planet tersebut diyakini sebagai yang paling mirip Bumi. Kepler-186f jaraknya sekitar 500 tahun cahaya dari kita.

(isk/dhi)


Sumber : Liputan6