PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 3 August 2014

Harga Minyak Mentah WTI Terus Anjlok Sepanjang Pekan, Demand Masih Lemah

Harga minyak mentah WTI pada perdagangan pekan lalu, 28 Juli-1 Agustus 2014, terpantau mengalami pelemahan secara agregat sepekan. Pelemahan harga minyak mentah WTI di Nymex dipicu oleh masih terindikasi lemahnya demand minyak mentah WTI di pasar Amerika Serikat.
Posisi persediaan minyak mentah AS yang terus menurun hingga pekan lalu, terpantau masih belum dapat mengangkat harga minyak mentah WTI untuk dapat menguat di Nymex. Demand terhadap minyak mentah WTI yang terindikasi kuat melemah, masih menjadi momok terhadap pergerakan harga minyak mentah WTI.
Seperti pekan-pekan sebelumnya, disaat sentimen kondisi geopolitik dari wilayah-wilayah penghasil minyak cenderung melemah, pergerakan minyak mentah WTI kembali fokus pada rilis data persediaan. Rilis data API serta EIA, yang rutin mengeluarkan data persediaan sepekan, menjadi fokus kuat pergerakan harga minyak pada pekan lalu.
Namun, seperti halnya pergerakan pada dua pekan lalu, harga minyak mentah WTI tetap tidak dapat terangkat oleh penurunan persediaan minyak mentah di AS. Data API dan EIA yang sama-sama menunjukan pengurangan sebesar 4.400.000 dan 3.700.000 belum mampu untuk memberikan sentimen dari semakin ketatnya supply di pasar AS. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi persediaan bensin AS yang semakin meningkat dengan tambahan 100.000 barrel pada data API dan 3.400.000 barrel pada data EIA.  Imbas data tersebut, demand minya mentah di AS terindikasi kuat sedang lemah. Selain itu, ditutupnya penyulingan minyak mentah di texas juga turut memberikan tekanan negatif dari sisi demand minyak mentah WTI.
Pada perdagangan pekan lalu di Bursa Nymex, harga minyak mentah WTI ditutup melemah signifikan secara agregat sepekan. Harga minyak mentah WTI berjangka Nymex untuk kontrak September 2014 turun 4,12% ke tingkat harga $97,88/barrel atau melemah $4,21/barrel.
Sementara dari perdagangan minyak mentah jenis Brent, harga minyak mentah Brent juga turut mengalami pelemahan di Nymex. Harga minyak mentah Brent berjangka Nymex untuk kontrak Desember 2014 turun 2,25% ke tingkat harga $106,24/barrel atau melemah $2,45/barrel.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga minyak mentah WTI berpotensi untuk rebound pada perdagangan hari ini di Nymex. Hal tersebut dilandasi oleh potensi pembelian teknikal pasca terus anjloknya harga minyak mentah WTI sepanjang pekan lalu. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran 96,15-$98,75 pada WT dan 105-$107,70 pada Brent.

Sumber : Vibiznews