PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Registrasi dilakukan dengan cara yang cepat, aman dan mudah

Sunday, 17 August 2014

Harga Emas Melemah, Efek Putin di Akhir Pekan Tekan Harga Signifikan

Harga emas LLG pada perdagangan pekan lalu, 11-15 Agustus 2014, terpantau ditutup melemah secara agregat sepekan. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh dorongan faktor geopolitik global yang membaik meskipun perekonomian global sempat memberikan dorongan penguatan.
Pergerakan harga emas pada pekan lalu, terpantau gagal melanjutkan penguatan pada pekan sebelumnya. Dorongan bursa saham global yang menguat akibat pelemahan geopolitik menjadi momok pada pergerakan harga emas pekan lalu. Meskipun demikian, data-data perekonomian global yang cenderung negatif, masih membuat pergerakan melemah emas relatif terbatas pekan lalu.
Pola investasi para investor terhadap risiko dari kondisi global yang masih belum stabil masih menjadi trend penggerak harga emas di awal pekan lalu. Isu dari kelanjutan konflik Ukraina-Rusia yang relatif mereda membuat pergerakan bursa saham mengalami penguatan yang berimbas pada melemahnya harga emas akibat penurunan investasi safe haven.
Namun, rilis data sentimen perekonomian Jerman oleh ZEW yang jatuh hingga ke level 8,6 dari 27,2 serta jauh dari ekspektasi di 18,2, berhasil memicu harga emas pada perdagangan hari ke-2 pekan lalu. Hal tersebut disebabkan oleh indikasi melemahnya pengaruh negara dengan perekonomian terkuat Eropa tersebut akibat kuatnya perhatian pasar ke konflik Ukraina-Rusia.
Setelah terdorong oleh kekhawatiran akan perekonomian Eropa, harga emas kembali terdorong menguat pada perdagangan selanjutnya akibat sentimen perekonomian AS. Sejalan dengan pelemahan sentimen perekonomian Jerman, sektor ritel AS yang melemah, memberikan dorongan penguatan pada harga emas. Berdasarkan data yang rilis pekan lali. Produktivitas sektor retail AS jatuh ke level 3,7% dari 4,3% dan melenceng jauh dari ekspektasi di 4,58%.
Walaupun terdorong positif oleh lesunya sektor retail AS, pergerakan pada perdagangan hari ke-3 tersebut tertahan oleh  data perekonomian Inggris. Data pekerja Inggris yang dilaporkan membaik pada pekan lalu memicu pelemahan demand safe haven di kawasan Eropa. Berdasarkan laporan pekan lalu, pengangguran Inggris membaik sebsar 0,1% dari level 6,5% ke 6,4% dan sesuai ekspektasi.
Penguatan terhadap harga emas pun berlanjut pada perdagangan hari ke-4 pekan lalu meskipun runtuhnya fondasi dorongan geopolitik mulai terjadi pada perdagangan di hari tersebut. Pergerakan harga emas pada perdagangan Kamis, terdorong positif kuat akibat data-data perekonomian Eropa dan AS yag berjalan searah dalam keadaan negatif.
Berdasarkan rilis data-data GDP Jerman dan Uni Eropa serta pekerja AS pada pekan lalu, ketiga data berada dalam posisi negatif. Pada pekan lalu, data GDP Jerman YoY dilaporkan anjlok dari 2,5% ke 0,8%, GDP Uni Eropa yang turun dari 0,2% ke 0%, sementara initial jobless claims AS kembali berada di posisi negatif kuat dengan lonjakan dari level 290.000 ke level 311. Dampak dari rentetan data negatif tersebut, harga emas pun terdorong menguat cukup kokoh.
Namun, pernyataan Putin pada hari perdagangan tersebut, sempat membuat goyah pergerakan menguat harga emas meskipun masih dapat ditutup menguat. Pernyataan Putin yang ingin untuk segera mengakhiri konflik Rusia-Ukraina, langsung berdampak pada pelemahan harga emas meskipun belum dapat membuat harga emas ditutup menguat pada perdagangan Kamis pekan lalu.
Walaupun masih belum dapat membuat pergerakan emas melemah pada perdagangan Kamis, efek Putin mulai terlihat pada perdagangan di hari terakhir pekan lalu. Runtuhnya fondasi dari geopolitik global terpantau sangat kuat mempengaruhi harga emas. Meskipundata perkiraan GDP Inggris melemah dari 3,2% ke 3,0%, lesunya geopolitik global membuat investor lari dari aset safe haven. Dampak dari hal tersebut pun terlihat dari harga emas yang langsung merosot tajam hingga menutup pergerakan menguat dalam 3 hari perdagangan sebelumnya.
Pada rentang perdagangan pekan lalu, 11-15 Agustus 2014, harga emas LLG ditutup melemah secara agregat sepekan. Harga emas LLG turun 0,57% ke tingkat harga $1.304,30/t oz atau melemah $7,45/t oz.
Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka juga ditutup melemah secara agregat sepekan. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,37% ke tingkat harga $1.306,2/t oz atau melemah $4,8/t oz.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas berpotensi untuk kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh pudarnya fondasi penguatan dari konflik Ukraina-Rusia. Terkait pergerakan harga, range normal pada pekan ini diprediksi akan berada di kisaran $1.281-$1.323 pada emas LLG dan $1.281-$1.326 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014.

Sumber : Vibiznews