PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Monday, 3 March 2014

Topan El Nino Bakal Pengaruhi Harga Minyak Sawit

BESTPROFIT FUTURES (04/03)Pergerakan harga minyak sawit dunia bakal dipengaruhi oleh potensi munculnya topan El Nino, selain meningkatnya permintaan terhadap biodiesel dari Indonesia.
“Suplai akan didominasi oleh kemungkinan munculnya topan El Nino,” ujar Dorab Mistry, direktur Godrej International Ltd.
Mistry sudah menggeluti bisnis sawit selama lebih dari 30 tahun. Menurutnya, sisi keseimbangan permintaan menjadi terganggu oleh biodiesel.
Harga minyak yang banyak digunakan sebagai bahan makanan itu mencatat lonjakan terbesar sejak Oktober tahun lalu akibat cuaca kering di kawasan Asia Tenggara. Kondisi cuaca kering itu akan diperburuk oleh perkiraan datangnya topan El Nino pada akhir tahun ini.
“Cuaca kering hanya merupakan salah satu sisi. Harga yang kian menanjak saat ini menunjukkan fakta bahwa pasar memberikan respons lebih awal,” ujar Mistry sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (4/3/2014).
Minyak sawit naik  9,4% di Bursa Malaysia Derivatives bulan lalu dan diperdagangkan pada 2.813 ringgit pukul 11.56 waktu Kuala Lumpur atau pukul 10.56 WIB. Sedangkan kontrak akan naik ke 3.000 ringgit dalam empat bulan. 

Source : Bloomberg