PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Tuesday, 11 March 2014

Perdagangan Emas Berjangka Di China Bertumbuh 400%

BESTPROFIT FUTURES (11/03)Perdagangan emas di pasar berjangka dalam lima tahun  terakhir mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dalam jumlah volume yang ditransaksikan. Pertumbuhan yang dilaporkan asosiasi industri berjangka atau FIA (The Futures Industry Association) semalam juga menunjukkan pertumbuhan terbesar dalam kegiatan perdagangan kontrak berjangka emas dalam lima tahun terakhir telah datang dari China.
Perdagangan emas berjangka di Shanghai Futures Exchange bertumbuh besar dimana terjadi peningkatan volume yang terbesar dalam lima tahun terakhir sejumlah 20,9 juta kontrak yang diperdagangkan pada tahun 2013 , hal ini meningkat 416 % dari 3,9 juta kontrak diperdagangkan pada tahun 2008 .
Namun jika dibandingkan  di Amerika Utara , perdagangn  emas Comex diperdagangkan di New York Mercantile Exchange berada di posisi keenam dalam pertumbuhan volume selama lima tahun terakhir dengan 10.690.000 kontrak diperdagangkan pada tahun 2013 , meningkat 141 % dari tahun 2008 ketika ada 4,39 juta kontrak .
Dalam laporan tersebut nyatalah komoditas pasar berjangka China telah berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir , dan tahun 2013 menonjol untuk sejumlah besar kontrak baru yang memasuki pasar.
Pertumbuhan yang besar ini disebabkan adanya perdagangan emas yang berlanjut di saat pasar Eropa dan juga pasar Amerika yang memungkinkan investor domestik untuk melanjutkan perdagangan setelah jam Asia tutup.
Selain emas, komoditas logam mulia lainnya yang diperdagangkan cukup meningkat yaitu kontrak 15 kilogram perak diperdagangkan di bursa Shanghai dan kontrak ini menjadi kontrak terpavorit selama setahun terakhir. Dimana perak berjangka  yang terdaftar di SHFE pada bulan Mei 2012, diperdagangkan 21.26 juta  kontrak di tahun pertama , kemudian melompat – 17,3 juta  pada 2013.
Untuk pasar emas , pilihan dari SPDR Gold Shares Exchange- Traded Fund ( NYSE : GLD ) , yang terdaftar di beberapa bursa , adalah yang paling aktif untuk logam kuning dengan lebih dari 49 juta kontrak diperdagangkan pada tahun 2013 , turun 10 % dari tahun 2012 .
Melihat pasar berjangka keseluruhan , The FIA menyusun  statistik dari 84 bursa di seluruh dunia dan mengatakan dalam laporannya bahwa 21,640 jutakontrak  berjangka dan opsi kontrak yang diperdagangkan pada tahun 2013 , meningkat 2,1 % dari tahun 2012 , namun , asosiasi menambahkan bahwa kegiatan tahun lalu adalah masih ” jauh di bawah jumlah kontrak yang diperdagangkan pada tahun 2011 dan 2010 . “
Jika dilihat bursa yang paling besar dan terbesar didunia asosiasi ini melaporkan bahwa CME Group tetap yang terbesar di dunia dengan volume derivatif exchange , dengan 3,16 miliar kontrak diperdagangkan pada tahun 2013 .
Di tempat kedua adalah IntercontinentalExchange , perdagangan total 2,81 miliar berjangka dan kontrak opsi . FIA mengatakan melompat ICE di jajaran merupakan hasil dari akuisisi NYSE Euronext dan pertukaran anak perusahaan di Eropa dan Amerika Serikat.

Sumber : vibiznews