PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 13 March 2014

Krisis Ukraina Angkat Emas Naik Ke Level 6 Bln Tertingginya

BESTPROFIT FUTURES (13/03) Emas naik ke level 6 bulan tertingginya akibat ketegangan yang memburuk antara Ukraina dan Russia yang mendorong permintaan logam mulia, sehingga harga emas menuju gain mingguan tertingginya sejak Agustus 2011.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebesar 0.6% ke level $1,374.69 per ounce, level tertinggi sejak tanggal 19 September tahun lalu, naik untuk hari ke 3. Emas diperdagangkan pada level $1,373.39 pukul 1:04 siang di Singapura, menuju gain mingguan keenamnya.

Logam mulia telah mengalami kenaikan sebesar 14% di tahun ini akibat permintaan logam mulia yang meningkat terkait konfrontasi di Ukraina dan kekhawatiran yang berkembang bahwa ekonomi  China yang sedang melambat. Crimea sedang mempersiapkan referendum yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret mendatang yang diperkirakan akan membuka jalan bagi Ukraina untuk bergabung dengan Russia. Kemarin Barack Obama bertemu dengan Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk dan menyatakan bahwa AS membantu Ukraina untuk melindungi kedaulatan wilayahnya.

Konfrontasi di Ukraina menjadi konflik terpanas antara Russia dan Barat sejak berakhirnya perangh dingin. Presiden AS Barack Obama dan Sekutunya mengancam untuk menaikkan sanksi. Otoritas pemerintah dan pengusaha di Russia bersiap menghadapi sanksi perdagangan seperti yang diterapkan kepada Iran, hal tersebut menurut analisa dari para ahli. (bgs)

Sumber : Bloomberg