PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Monday, 3 March 2014

Harga Gandum dan Jagung Terangkat; Pasokan dari Ukraina Berpotensi Terganggu

BESTPROFIT FUTURES (04/03)Harga gandum berjangka mengalami kenaikan terbesar sejak tahun 2012 dan harga jagung rally hingga mencapai level paling tinggi sejak bulan September (4/3). Ketegangan geopolitik meningkat di Ukraina sehingga menimbulkan kekhawatiran terbatasnya pasokan dari negara pengekspor utama gandum dan jagung di Eropa tersebut.
Ukraina merupakan pengekspor jagung terbesar ketiga tahun ini. Negara ini melakukan mobilisasi tentara setelah Russia mengirimkan pasukannya ke Crimea yang merupakan bagian dari Ukraina. Langkah yang dilakukan Kremlin ini menandai kondisi paling buruk antara Russia dan Barat sejak Perang Dingin berakhir.
Harga gandum berjangka untuk kontrak bulan Mei mengalami peningkatan sebesar 4.9 persen dan ditutup pada posisi 6.315 dollar per bushel. Kenaikan ini merupakan yang paling besar sejak tanggal 28 September 2012. Harga sempat menyentuh level 6.445 dollar per bushel, tertinggi sejak tanggal 10 Desember lalu.
Harga jagung berjangka untuk kontrak Mei mengalami kenaikan sebesar 1.5 persen dan ditutup pada possii 4.705 dollar per bushel. Harga komoditas ini sempat mencapai level 4.8275 dollar, tertinggi sejak tanggal 3 September lalu.
Harga komoditas grains bergerak rebound setelah prospek rekor ekspor jagung mengakibatkan penurunan harga komoditas ini sebesar 40 persen di tahun 2013, penurunan tahunan paling besar sejak setidaknya tahun 1960. Harga gandum anjlok 22 persen tahun lalu.

Sumber : vibiznews