PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Tuesday, 21 January 2014

Emas sedikit berubah meskipun permintaan fisik meningkat

BESTPROFIT FUTURES (22/01) - Emas sedikit berubah pada hari Rabu , menghentikan penurunan sehari sebelumnya ketika Dana Moneter Internasional menaikkan perkiraan pertumbuhan global untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun .

Dalam perdagangan elektronik , emas untuk pengiriman Februari naik $ 1,50 atau 0,1 % , menjadi $ 1,243.30 per ounce . Perak untuk pengiriman bulan Maret naik 6 sen atau 0,3 % , ke $ 19,93 per ounce .

Emas pada hari Selasa memberikan kembali sebagian besar dari keuntungan yang membawanya ke tertinggi lima minggu karena dolar menguat .

 " Melemahnya pasar emas memiliki keuntungan teknis secara keseluruhan , " kata Jim Wyckoff Kitco . " Namun, jika sentimen positif dapat mengatur untuk membukukan keuntungan yang layak pada akhir pekan ini , mereka akan mendapatkan momentum terbalik yang baik untuk menyarankan uptrend tiga minggu di bar chart harian dapat dipertahankan . "

Emas berada di bawah tekanan jual, terpeleset dari level tertinggi enam minggu. Logam emas ditimbang oleh dolar yang lebih tinggi, di tengah spekulasi the Fed akan melanjutkan program peruncingan pada  bulan ini.

Indeks dolar naik terdorong ke kisaran sepuluh minggu tertinggi dan pergerakan Treasury AS naik lebih tinggi karena para trader di AS kembali dari libur panjang akhir pekan.

Emas jatuh sekitar 1 persen pada Selasa, dan merupakan penurunan terbesar satu hari pada tahun 2014, pasar mengatakan tanda-tanda ekonomi AS yang lebih baik dan spekulasi Fed terhadap pemangkasan stimulus moneter akan membebani daya tarik investasi emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Wall Street Journal melaporkan pada hari Senin bahwa The Fed berada di dalam trek untuk memangkas program beli untuk kedua kalinya dalam enam minggu walaupun laporan pekerjaan AS untuk bulan Desember jatuh mengurangi harapan Fed terhadap pertumbuhan ekonomi AS yang solid pada tahun ini. Bank sentral AS dijadwalkan akan melakukan pertemuan berikutnya pada tanggal 28-29 Januari.

Pembelian emas di Cina, yang merupakan pembeli emas terbesar dunia, terlihat melambat di pekan lalu.Tetapi, pasar masih memantau minat investasi emas setelah sebuah data menunjukkan bahwa kepemilikan emas di SPDR Gold Trust, yang diperdagangkan di bursa emas yang didukung dana, diposting  meningkat dalam sebulan pertama kalinya.

Pertanyaan yang muncul ? Kapan dampak permintaan harga emas Cina dan membuat harga emas naik ...?  Jawaban singkatnya ketika permintaan emas di pasar tradisional baik dan lebih rendah atau sama dengan pasokan.

Pasar tradisional emas utama adalah London, di mana seharusnya 90% dari emas fisik diperdagangkan di kota ini. Cina membeli emas ke London, 'ketika harga berada di area dips' maka importir emas akan mengambil pasokan dan melakukan pengiriman ke Hong Kong untuk masuk ke Cina daratan.

Menurut analisa teknikal, pergerakan emas kembali berada dalam kondisi terkoreksi. Harga emas berada di bawah  indikator simple moving average 50 dan 20 yang merupakan area resistan bagi pergerakan emas.  Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 42 dengan memberikan indikasi harga berada dalam kondisi bullish. Sebaliknya, indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak  bearish.
Jika harga emas menembus resistan USD 1242.34 per troy ounce membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistan USD 1260.88 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di bawah resistan USD 1242.34 per troy ounce dan muncul sinyal bearish di sekitar area tersebut membuka peluang harga akan bergerak ke bawah untuk melakukan fase koreksi menuju support USD 1220.86 per troy ounce.