PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 8 December 2013

Harga Minyak Mentah WTI Berada di 6 Pekan Tertinggi Imbas Melejitnya Impor oleh China

BESTPROFIT FUTURES (09/12) Pada perdagangan elektronik di Asia hari ini harga minyak mentah jenis WTI terpantau berada di kisaran tertinggi dalam nyaris enam minggu belakangan (09/12). Harga minyak mentah menguat setelah impor bersih minyak mentah oleh China mengalami kenaikan di bulan November lalu. Sementara itu klaim pengangguran di AS turun dan tingkat pengangguran juga turun untuk bulan lalu. Ini merupakan sinyal kuat bahwa pemulihan ekonomi di AS memang berjalan dengan solid.
Jumat lalu data NFP di bulan November mengalami peningkatan sebesar 203K, melampaui estimasi. Sementara itu tingkat pengangguran tampak mengalami penurunan hingga mencapai level paling rendah dalam lima tahun belakangan di 7 persen.
Impor bersih minyak mentah oleh China mengalami kenaikan sebesar 19 persen menjadi 5.73 juta barel bulan lalu. Pada bulan Oktober sebelumnya impor sempat anjlok hingga mencapai level paling rendah dalam 14 bulan belakangan.
Harga minyak mentah WTI untuk kontrak pengiriman bulan Januari mengalami kenaikan sebesar 15 sen hari ini dan diperdagangkan pada posisi 97.80 dollar per barel. Pada akhir perdagangan pekan lalu harga minyak mentah WTI mengalami kenaikan sebesar 27 sen dan mencapai posisi 97.65 dollar per barel, posisi penutupan tertinggi sejak tanggal 29 Oktober.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga komoditas minyak mentah WTI pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami peningkatan. Untuk hari ini harga komoditas tersebut diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 97.00 – 99.00 dollar per barel.