PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Monday, 25 November 2013

Terobosan Perundingan Program Nuklir Iran Pangkas Melemah Harga Minyak Brent dan WTI

BESTPROFIT FUTURES (25/11) Harga minyak mentah baik jenis WTI maupun Brent terpantau mengalami penurunan yang signifikan pada sesi perdagangan hari ini (25/11). Harga minyak anjlok tajam seiring dengan berkurangnya kekhawatiran mengenai kondisi pasokan menyusul adanya kesepakatan terobosan dalam perundingan program nuklir Iran selama akhir pekan kemarin.
Sanksi tegas yang diberlakukan terhadap Iran selama dua tahun belakangan telah mengakibatkan ekspor minyak mentah dari anggota OPEC mengalami penurunan tajam dan mengakibatkan Iran menderita kerugian miliaran dollar akibat tidak bisa menjual minyaknya ke Eropa dan Amerika Serikat. Dengan adanya kesepakatan untuk mengurangi kegiatan pengayaan uraniumnya, Iran dibebaskan dari beberapa sanksi, meskipun belum sepenuhnya.
Harga minyak mentah jenis Brent mengalami penurunan paling tajam dalam lebih dari tiga minggu belakangan. Hari ini harga minyak mentah Brent melemah sebesar 2.45 dollar dan diperdagangkan pada posisi 108.60 dollar per barel.
Sementara itu harga minyak mentah jenis WTI juga turut mengalami penurunan. Harga minyak WTI tersebut turun sebesar 90 sen ke posisi 93.94 dollar, sempat anjlok hingga ke posisi harian terendah di level 93.64 dollar per barel.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI hari ini akan bergerak cenderung lanjut melemah. Harga komoditas tersebut hari ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 90 – 95 dollar AS per barel.