PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 17 November 2013

Prospek Mingguan Emas dan Perak

BESTPROFIT FUTURES (18/11) - Emas berjangka beranjak naik pada hari Jumat , sebagai harapan baru lanjutan stimulus dari Federal Reserve mendukung logam mulia .

Harga emas melacak pergeseran ekspektasi mengenai apakah Fed akan mulai mengurangi program pembelian aset pada akhir tahun .

Di divisi Comex New York Mercantile Exchange , emas berjangka untuk pengiriman Desember naik tipis 0,09 % pada hari Jumat untuk menyelesaikan mingguannya pada USD1 , 287,40 per troy ounce .

Kontrak Desember naik menjadi USD1 , 293,80 per troy ounce pada Kamis , tertinggi sejak November 8 , sebelum menetap di USD1 , 286,30 , naik 1,41 % .

Emas kemungkinan akan mencari support di USD1 , 265.00 per troy ounce dan resistance pada USD1 , 313,30 .

Pada minggu lalu, logam mulia menguat 0,21 % , kenaikan mingguan pertama dalam tiga minggu .

Harga emas naik lebih tinggi setelah laporan menunjukkan bahwa indeks manufaktur Federal Reserve turun menjadi -2,21 dari 1,52 pada bulan Oktober . Para ekonom telah memperkirakan kenaikan menjadi 5,0 .

Sebuah laporan terpisah menunjukkan bahwa produksi industri AS turun 0,1 % pada Oktober , setelah naik 0,7 % pada bulan September , dibandingkan dengan ekspektasi untuk kenaikan 0,2 % .

Indeks dolar, yang melacak terhadap enam mata uang utama lainnya , turun 0,19 % pada hari Jumat untuk menyelesaikan mingguan di 80,87 .

Kelemahan dolar biasanya hanya menguntungkan emas, karena meningkatkan daya tarik logam sebagai aset alternatif dan membuat komoditi yang dihargakan dalam dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya .

Harga emas naik tajam pada Kamis setelah pernyataan dari Janet Yellen yang menyatakan bank sentral akan terus mendukung ekonomi AS dengan stimulus .

Yellen mengatakan " penting " bahwa Fed melakukan segala daya untuk memastikan pemulihan yang kuat . Dia mengatakan program quantitative easing akan dilanjutkan tanpa pembatasan tapi skala waktu untuk mengurangi itu akan tergantung dari data .

Komentar itu muncul saat dengar pendapat di hadapan senat untuk menggantikan Ben Bernanke sebagai kepala bank sentral pada bulan Februari .

Pada pekan depan , investor akan mengamati dengan seksama menit Rabu dari pertemuan pengaturan kebijakan terbaru The Fed . AS juga akan merilis data penjualan ritel dan harga konsumen .

Harga emas turun sekitar 24 % tahun ini di tengah kekhawatiran The Fed akan mulai mengurangi kebijakan mudah uang dengan pemangkasan pembelian obligasi bulanan USD85 miliar .

Di Comex , perak untuk pengiriman Desember ditutup 0,02 % lebih tinggi pada hari Jumat untuk menutup mingguan di USD20.72 per troy ounce . Harga perak berakhir 1,37 % pada USD20.72 pada hari Kamis .

Meskipun terjadi kenaikan pada hari Kamis , harga perak masih turun 2,76% pada pekan ini , penurunan mingguan ketiga berturut-turut .

Sementara itu , harga tembaga untuk pengiriman Desember naik tipis 0,33 % pada hari Jumat untuk menutup mingguan di USD3.171 pon . Pada hari Kamis , tembaga jatuh ke USD3.142 pon , terendah sejak 7 Agustus , sebelum berakhir 0,03 % USD3.160 pon .

Harga tembaga turun 2,55% pada pekan ini .

Tembaga jatuh ke level terendah sejak Agustus setelah pertemuan Partai Komunis  yang mengecewakan para investor yang mengharapkan adanya reformasi ekonomi baru .

China merupakan konsumen tembaga terbesar di dunia , menyerap hampir 40 % dari konsumsi dunia pada tahun lalu .