PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Wednesday, 20 November 2013

Harga Minyak WTI Bergerak Terbatas Akibat Tarik-menarik Sentimen

BESTPROFIT FUTURES (21/11) Pada perdagangan di bursa Nymex dini hari tadi harga minyak mentah jenis WTI mengalami pergerakan yang nyaris stagnan (21/11). Harga minyak hanya sedikit berubah dari level penutupan perdagangan sebelumnya setelah Fed mengatakan adanya kemungkinan stimulus akan dikurangi “beberapa bulan ke depan.” Pernyataan ini memberikan sentimen negatif, melawan sentimen positif ke pasar minyak yang diberikan oleh laporan konsumsi yang mengalami peningkatan hingga ke level paling tinggi dalam lima tahun belakangan.
Tarik-menarik sentimen di pasar komoditas membuat harga minyak tertahan di teritori stagnan. Fed mungkin akan mengurangi pembelian obligasi bulanan seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian di Amerika Serikat, menurut rilis catatan rapat terakhir FOMC. Permintaan bensin mengalami peningkatan ke level 20.3 juta barel per hari minggu lalu, tertinggi sejak bulan Agustus 2008.
Harga minyak mentah jenis WTI untuk kontrak pengiriman bulan Desember yang jatuh tempo tadi malam mengalami penurunan 1 sen saja dan ditutup pada posisi 93.33 dollar per barel. Harga kontrak yang paling aktif selanjutnya yaitu kontrak bulan Januari mengalami penurunan sebesar 4 sen dan ditutup pada posisi 93.85 dollar per barel.
Harga minyak mentah Brent untuk kontrak pengiriman bulan Januari mengalami peningkatan sebesar 1.14 dollar atau 1.1 persen dan ditutup pada posisi 108.06 dollar per barel.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah akan cenderung mengalami pergerakan yang sideways. Untuk sesi Asia pergerakan harga minyak masih berpotensi untuk melemah dan tertahan di kisaran 93.00 – 94.00 dollar per barel.