PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Friday, 29 November 2013

Harga Karet Sentuh Level Teringgi 4 Pekan Terakhir

BESTPROFIT FUTURES (29/11) Pergerakan harga karet berjangka untuk perdagangan hari ini (29/11) tercatat mengalami kenaikan dan menyentuh level tertinggi dalam 4 pekan terakhir. Naiknya harga karet berjangka saat ini disebabkan oleh dampak dari melemahnya kembali nilai tukar yen terhadap dollar AS. Mata uang Jepang tersebut saat ini berada pada posisi 102,34 per dollar. Sejak 19 November lalu nilai tukar yen terus mengalami penurunan.
Naiknya harga karet juga disebabkan oleh adanya kekhawatiran bahwa aksi demonstrasi di Thailand tentang permintaan penurunan PM Thailand, Yingluck Shinawatra dapat semakin meluas ke seluruh wilayah Thailand. Thailand merupakan salah satu produsen karet terbesar selain Indonesia.
Harga karet berjangka mengalami peningkatan sebesar 2,6% menjadi 265,3 yen per kilogram atau 2587 dollar per metrik ton. Level tersebut merupakan yang tertinggi sejak 31 Oktober. Sepanjang bulan ini harga karet berjangka naik 0,9%.
Divisi Vibiz Research di Vibiz Consulting memprediksi bahwa pergerakan harga karet diperkirakan akan masih berupaya meningkat di awal pekan depan seiring dengan belum adanya sebuah intervensi yang dilakukan oleh Bank Sentral Jepang (BOJ) terhadap nilai tukar yen terhadap dollar AS. Kisaran pergerakan karet dalam jangka pendek diperkirakan antara level 265 – 270 yen per kilogram.