PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Wednesday, 20 November 2013

Harga Karet Berjangka Sideways; Sentimen Negatif dan Positif Sama Kuat

BESTPROFIT FUTURES (21/11) Pada perdagangan hari ini harga karet berjangka mengalami pergerakan yang cenderung fluktuatif (21/11). Harga karet di bursa Tocom bergerak sideways setelah indeks awal aktivitas manufaktur di China menunjukkan terjadinya perlambatan ekspansi untuk pertama kalinya dalam empat bulan. Kondisi ini menimbulkan kekhwatiran bahwa permintaan akan turun. Akan tetapi melemahnya yen membuat kontrak karet dalam yen menjadi menarik sehingga menjadi sentimen positif pergerakan harga komoditas tersebut.
Harga karet berjangka untuk kontrak pengiriman bulan April di Tocom mengalami penurunan sebesar 0.3 persen dan diperdagangkan pada posisi 257.9 yen per kilogram atau setara dengan 2575 dollar per metric ton. Sepanjang tahun ini harga karet berjangka telah mengalami penurunan sebesar 15 persen.
Indeks awal (preliminary) untuk PMI manufaktur bulan November yang dirilis oleh HSBC hari ini menunjukkan angka 50.4 poin. Angka ini berada di bawah estimasi yaitu 50.8 poin. PMI manufaktur final di bulan Oktober dari HSBC berada di angka 50.9 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka di Tocom akan cenderung mengalami pergerakan yang sideways dan terbatas. Untuk hari ini harga komoditas berjangka ini berpotensi untuk bergerak di kisaran 255 – 260 yen per kilogram.