PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Tuesday, 26 November 2013

Dollar Kanada Terpukul terhadap Dollar AS Akibat Anjloknya Harga Minyak Mentah

BESTPROFIT FUTURES (27/11) Lesunya harga minyak mentah tampak mendorong mata uang dollar Kanada atau biasa disebut loonie mengalami penurunan terhadap dollar AS (27/11). Mata uang Kanada pagi hari ini terpantau kembali melemah dan berada pada kisaran terendah dalam nyaris empat bulan belakangan. Anjloknya harga minyak mengakibatkan potensi turunnya ekspor dari Kanada yang memiliki ketergantungan erat terhadap minyak mentah.
Harga minyak mentah terseret melemah di tengah kabar bahwa Iran dan negara-negara Barat telah mencapai kesepakatan untuk mengurangi aktivitas program nuklir di negara tersebut. Dengan setujunya Iran untuk mengurangi aktivitas pengayaan uraniumnya, negara-negara Eropa kembali membuka keran untuk produk ekspor Iran, termasuk minyak mentah.
Dollar Kanada sendiri telah mengalami penurunan sebesar 5.7 persen tahun ini terhadap dollar AS. Anjloknya mata uang tersebut dipicu oleh sinyal dari Gubernur Bank of Canada Stephen Polos bahwa bank sentral akan menurunkan suku bunga acuan untuk mendorong aktivitas ekonomi.
Loonie tampak berada pada posisi 1.0550 per dollar AS pagi ini. Mata uang tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan dini hari tadi yang ada di level 1.0542 per dollar. Pada sesi perdagangan Senin kemarin loonie sempat anjlok ke posisi 1.0584 per dollar yang merupakan level paling rendah sejak tanggal 8 Juli lalu.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar loonie Kanada terhadap dollar AS pada perdagangan hari ini akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Hari ini mata uang tersebut diperkirakan akan bergerak pada kisaran 1.0520 – 1.0600 dollar AS.