PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 24 November 2013

Bursa Shanghai Bertengger di Zona Negatif, Abaikan Sentimen Umum di Asia

BESTPROFIT FUTURES (25/11) Kenaikan yang terjadi pada sebagian bursa saham Asia hari ini tampaknya tidak berlaku di bursa saham China (25/11). Bursa Shanghai melawan arus positif yang hari ini terjadi dan tampak membukukan penurunan. Aksi ambil untung yang dilakukan para pelaku pasar tampaknya menjadi alasan melemahnya bursa China hari ini. Pekan lalu bursa Shanghai membukukan kenaikan mingguan sebesar 3 persen.
Hari ini indeks komposit Shanghai tampak mengalami koreksi. Indeks terpantau membukukan penurunan sebesar 9.57 poin atau 0.44 persen dan berada pada posisi 2186.64 poin hari ini.
Saham perusahaan minyak Sinopec mengalami penurunan lebih dari 3 persen setelah pemerintah China melakukan pemeriksaan keamanan di pipa minyak dan gas menyusul adanya ledakan di jalur pipa milik Sinopec minggu lalu. Kejadian ini dinyatakan sebagai kecelakaan paling mematikan yang pernah dialami oleh Sinopec.
Sementara itu saham-saham terkait pertahanan negara tampak mengalami peningkatan. Saham Hafei Aviation dan Aerospace Communication menguat nyaris 2 persen setelah Beijing menyatakan bahwa pulau-pulau yang disengketakan dengan Jepang sebagai zona pertahanan udata.
Langkah Beijing tersebut mengakibatkan ekskalasi ketegangan dengan Jepang dan sekutunya Amerika Serikat.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks komposit Shanghai di bursa saham China hari ini masih akan melanjutkan kenaikan dengan lebih berhati-hati. Indeks tersebut hari ini diperkirakan akan mengalami pergerakan pada kisaran 2100 – 2250 poin.