PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 28 November 2013

Bursa Jepang Terkena Dampak Aksi Ambil Untung

BESTPROFIT FUTURES (29/11) Pada sesi perdagangan Jumat pagi bursa saham Jepang tampak mengalami penurunan (29/11). Pada hari terakhir perdagangan di bulan November ini bursa-bursa di kawasan Asia cenderung bergerak melemah. Tadi malam pasar AS tutup untuk perayaan Thanksgiving sehingga para investor kurang memperoleh arahan dari Wall Street. Akan tetapi aksi ambil untung tampak dominan setelah kemarin indeks Nikkei sempat mencapai level penutupan tertinggi dalam enam tahun belakangan.
Nilai tukar yen yang masih lanjut melemah tidak memberikan pengaruh ke bursa Jepang. Hari ini beberapa data ekonomi dari Jepang dirilis sebelum pasar buka. Indeks harga konsumen di bulan Oktober naik 0.9 persen dibandingkan tahun lalu.
Saham-saham lapis biru tampak mengalami penurunan yang diakibatkan oleh aksi ambil untung. Softbank anjlok sebesar 1.5 persen. Sementara itu saham Panasonic mengalami penurunan sebesar lebih dari 2 persen.
Indeks spot Nikkei mengalami penurunan sebesar 48.11 poin atau 0.3 persen ke posisi 15679.01 poin pagi ini. Indeks berjangka Nikkei 225 mengalami pembukaan pada posisi 15685 poin, turun tipis 10 poin dari level penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini indeks berjangka tampak mengalami peningkatan tipis ke level 15695 poin.
Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan indeks berjangka Nikkei 225 pada perdagangan hari ini akan cenderung sideways dan terbatas. Untuk hari ini mata indeks di bursa Jepang tersebut diperkirakan akan bergerak pada kisaran 15600 – 15750 poin.