PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 28 November 2013

Bursa China Turun Tipis; Investor Tunggu Data Aktivitas Manufaktur November

BESTPROFIT FUTURES (29/11) Bursa saham Shanghai terpantau bergerak nyaris flat pada sesi perdagangan terakhir bulan ini (29/11). Jumat pagi ini para investor di bursa saham China tampak masih bersikap hati-hati menjelang rilis data PMI November resmi yang dijadwalkan dikeluarkan pada hari Minggu besok. Polling analis menunjukkan ekspektasi indeks aktivitas sektor manufaktur kembali melambat ke level 51.1 poin dari level tertinggi dalam delapan bulan pada bulan Oktober lalu.
Saham-saham sektor pertahanan tampak mengalami kenaikan akibat terjadinya peningkatan ketegangan diplomatik dengan Jepang terkait sengketa pulau di Laut China Timur. Hafei Aviation dan Xi-an Aero-engine tampak mengalami rally nyaris 2 persen untuk masing-masing saham.
Para pelaku pasar hari ini fokus pada pergerakan harga dan yield obligasi pemerintah China bertenor 10 tahun. Yield dari obligasi utama di China ini telah mengalami kenaikan secara berkelanjutan selama dua bulan belakangan disebabkan oleh kekhawatiran bahwa investor terhadap pengetatan likuiditas di pasar antarbank.
Hari ini indeks komposit Shanghai tampak melemah sebesar 2.50 poin atau 0.11 persen di posisi 2216.87 poin. Bursa saham cenderung bergerak dalam pola melemah karena sebagian besar bursa di Asia tampak mengalami penurunan. Perdagangan di bursa AS tadi malam diliburkan untuk perayaan Thanksgiving.
Pada perdagangan hari ini bursa saham Shanghai tampaknya masih akan tertahan dalam teritori negatif. Untuk sementara bursa belum memiliki arahan positif yang cukup kuat untuk mampu mendorong kinerja hariannya. Indeks komposit Shanghai tampaknya bakal mengalami pergerakan pada kisaran 2200 – 2235 poin.