PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 10 October 2013

Laporan Pengangguran AS Meningkat, Namun Dolar Stabil

Jumlah pekerja AS yang mengajukan aplikasi baru untuk memperoleh tunjangan pengangguran melonjak ke level tertinggi 6-bulan menjadi 374.000 sepanjang pekan pertama bulan Oktober. Lonjakan sebesar 66.000 tersebut juga merupakan kenaikan tertajam sejak November silam.

Para ekonom sebelumnya memperkirakan angka klaim baru hanya akan mencatat kenaikan menjadi 312.000.

Departemen Tenaga Kerja AS menilai bahwa lonjakan angka klaim awal pengangguran mencerminkan kembali bermasalahnya program pengolahan data aplikasi di California. Peralihan sistem komputer yang dilakukan negara bagian California pada awal bulan September lalu telah mengakibatkan penundaan berkepanjangan dalam pemrosesan aplikasi klaim.

Juru bicara Departemen Tenaga Kerja AS juga mengatakan bahwa shutdown pemerintah AS telah berimbas pada kenaikan angka PHK di beberapa negara bagian, terutama dalam industri sektor swasta seperti pertahanan, yang sangat bergantung pada pesanan pemerintah federal.

Bagaimanapun, laporan klaim pengangguran ini tidak mencakup jumlah pegawai pemerintahan AS yang tengah terkena dampak shutdown. Pegawai pemerintahan AS biasanya mengajukan aplikasi melalui program terpisah, dan tidak diperhitungkan dalam laporan klaim Departemen Tenaga Kerja.

Sementara rata-rata klaim baru dalam 4-minggu, yang dinilai lebih sesuai untuk menggambarkan tren pasar pekerjaan, juga melonjak sebesar 20.000 sampai 325.000. Data klaim awal pengangguran menjadi salah satu dari beberapa laporan ekonomi federal yang masih tetap dapat dirilis selama penutupan sebagian pemerintahan AS karena informasi dikumpulkan oleh pemerintah negara bagian.

Para pelaku pasar juga tidak merespon negatif pada data tersebut dimana terjadi kenaikan bursa saham berjangka AS dan kinerja Dollar AS yang tetap stabil paska rilis data jobless claims.  Terpantau harga Indeks Dollar AS tetap stabil di teritori positif.