PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 10 October 2013

Harga Emas Sideways, Namun Permintaan Fisik Meningkat

Harga emas pada sesi perdagangan Asia sejak pagi ini berada dalam kisaran level $1.304, setelah melemah sekitar 1% pada sesi sebelumnya. Harga sempat break kembali level $1.300 pagi ini dan selebihnya diperdagangkan dalam pola perdagangan yang sideways.

Emas Berjangka Comex tetap berada dalam kisaran harga rendah sebagai kelanjutan dari reaksi  atas hasil risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal pada bulan September. Emas berada di area defensif sepanjang jam perdagangan Amerika tadi malam, setelah sebelumnya terdapat kecemasan bahwa dalam minutes FOMC malam tadi dapat memberikan gambaran adanya potensi tapering dalam waktu dekat sehingga memicu rebound Dollar AS meskipun nominasi pengganti ketua The Fed berikutnya Janet Yellen dikenal lebih pro terhadap stimulus.

Saat ini , kata Bob Haberkorn , broker senior yang dengan komoditas RJO Futures, pasar mungkin lebih terfokus pada kebuntuan politik tentang anggaran dan plafon utang AS. " Pedagang sedang berusaha menyimak apa yang bakal terjadi di Washington pada saat ini , " katanya .

Stimulus Perlu Ditambahkan

Presiden Fed Charles Evans menyatakan bahwa bank sentral kemungkinan perlu menambah akomodasi moneter, setelah terbukti kebijakan moneter yang tidak konvensional telah cukup membantu topang pemulihan ekonomi.
Sejauh ini pertumbuhan ekonomi AS tidak terlalu pesat, sehingga stimulus lebih lanjut potensial untuk mendongkrak laju pertumbuhan.

Penutupan pemerintah AS yang terus berlanjut menyebabkan beberapa pejabat Fed yang Hawkish seperti Pianalto dan Plosser mengurangi ekspektasi penarikan stimulusnya, sementara pejabat The Fed yang dovish seperti Evans mulai memberikan sinyal akomodasi.

Komentar ini turut menyebabkan indeks Dow Jones berbalik ke teritori negatif, sementara harga Emas sedikit terpantul dari level terendah intraday nya di $1,295.09 per troy ons.

Permintaan Emas Fisik

Dari Hogkong dilaporkan, HSBC melihat impor emas China akan tetap memberikan dukungan untuk pasar emas. Data dari Sensus Hong Kong dan Departemen Statistik pekan ini menunjukkan impor China dari Hong Kong meningkat menjadi 131 metrik ton pada Agustus dari 54 metrik ton di bulan yang sama tahun lalu dan juga naik dari 129 metrik ton di bulan Juli ini . Secara bersih setelah ekspor , impor emas China dari Hong Kong mencapai 110 ton pada bulan Agustus , lebih dari empat kali lipat impor bersih pada Agustus 2012. Yang hanya sebesar 27 ton " Baru-baru ini , permintaan fisik tampaknya telah meningkat dengan aktifnya China kembali di pasar setelah liburan The Golden Week , " kata HSBC . " Premium untuk Bullion di Shanghai Gold Exchange , indikator kebutuhan emas China , bergerak lebih tinggi menjadi $ 10/oz , satu digit diatas, dari yang terlihat sebelum pasar  ditutup untuk liburan . Kami berharap impor emas di Cina akan berada pada tingkat tinggi secara historis dan terus memberikan dukungan untuk pasar emas . "

Sementara itu, para pedagang emas dalam negeri di India, sedang berjuang untuk menyiapkan persediaan di musim puncak festival, mereka mungkin akan mulai membeli emas dalam dua minggu ke depan di bawah aturan impor yang baru, di mana eksportir akan mendapatkan prioritas pada pengiriman, kata salah satu pejabat di bank pengimpor.