PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 17 October 2013

Emas Pertahankan Penguatan Atas Ketidakpastian Stimulus

SINGAPORE, Reuters(18/10) Emas ditransaksikan mendekati satu pekan tertingginya pada hari Jumat, menghadapi penguatan mingguan terbaiknya dalam dua bulan terkait ketidakpastian di Washington yang akan menunda pengurangan stimulus pasca para parlemen AS hanya mencapai kesepakatan anggaran sementara.
 
Emas sempat terkoreksi sebesar 0.2% ke level $1,316.31 per ounce pukul 07:15 GMT, pasca menguat sebesar 3% pada sesi sebelumnya. Emas telah menambah 3.5% kenaikan dalam satu pekan, penguatan tinggi pada hari Kamis lalu. Pasca kongres mengakhiri 16 hari shutdown pemerintah dan menghindari gagal bayar (default), para parlemen AS mangajukan sebuah upaya di hari Kamis lalu untuk menyelesaikan perselisihan anggaran pada cara yang kurang konfrontatif.

Emas melonjak lebih dari 3% akibat dollar yang melemah, harga emasditopang oleh keyakinan kesepakatan anggaran AS yang sementara akan mendorong Federal Reserve untuk menunda mengurangi stimulus moneter. Dollar anjlok terhadap mata uang utama, dengan indeks dollar anjlok sekitar 1% setelah investor melihat lebih jauh tentang kesepakatan anggaran dan lembaga pemeringkat China, Dagong, yang menurunkan rating kredit AS dari A menjadi A-. Bagi pelaku pasar  emas, kesepakatan anggaran yang sementara dipandang sebagai katalis positif karena akan menunda pemangkasan stimulus oleh the Fed setidaknya sampai awal tahun depan. 

Data aplikasi tunjangan pengangguran juga membebani dollar. Aplikasi baru untuk tunjangan pengangguran AS turun untuk pekan kedua pada bulan Oktober, namun kemungkinan akan meningkat karena keterlambatan pemrosesan di California dan PHK akibat shutdown pemerintah AS sebelumnya. Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan untuk pekan yang berakhir 12 Oktober, klaim pengangguran turun 15.000 menjadi 358.000. Ekonom sebelumnya memprediksi klaim pengangguran menjadi 355.000 dari pekan sebelumnya yang direvisi menjadi 373.000.


Emas pada perdagangan kemarin ditutup pada level $1.319.00 per troy ons, sementara saat ini diperdagangkan pada kisaran $1.319.30.