PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 6 October 2013

Emas Mencoba Menguat di Awal Pekan

Reuters, (7/10) - Emas bergerak naik di perdagangan Asia pada Senin pagi mengikuti shutdown parsial pemerintah AS yang sudah berjalan hampir sepekan menimbulkan kekhawatiran bahwa Kongres AS mungkin harus berjuang lebih untuk menaikkan plafon utang, menaikkan daya tarik safe haven emas.

Spot emas tercatat naik 0,2 persen ke posisi $ 1,313.04 per ounce pada pukul 07:11 WIB.
Partai Demokrat dan Republik masih tetap bersikeras dengan sikapnya masing-masing sehingga membuat prospek untuk mengakhiri shutdown pemerintah AS yang pertama kali dalam 17 tahun terakhir jauh dari pandangan, memicu kekhawatiran bahwa mereka tidak akan mampu mencapai kesepakatan untuk menaikkan batas pinjaman AS sampai dengan 17 Oktober mendatang untuk menghindari default utang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua DPR dari Partai Republik, John Boehner pada Minggu lalu berjanji untuk tidak menaikkan plafon utang AS tanpa "pembicaraan serius" tentang apa yang telah mendorong naiknya utang negara, sementara Demokrat mengatakan bahwa sangat tidak bertanggung jawab dan sembrono untuk meningkatkan kemungkinan default utang AS.

Kongres harus membatasi peran kontroversial Wall Street di pasar komoditas, dan menulis ulang aturan hukum yang memberikan kelonggaran bank untuk memiliki minyak, logam dan bahan baku lainnya, ungkap senior regulator AS pada Jumat lalu.
 
“Jika (persepsi terhadap resiko) mulai memburuk, itu akan berdampak pada pertumbuhan AS, dan kemudian akan berdampak pada dollar, perkiraan untuk pengurangan stimulus moneter dan mungkin juga ke pasar ekuitas,” kata Michael Lewis, analis komoditas global di Deutsche Bank. 
“Itu mungkin  akan cukup berikan dukungan pada emas.”

Saat ini harga emas bergerak dalam kisaran sempit pagi ini diantara level 1311-1316. Kisaran resisten terdekat di 1324-1327 dan support terdekat di 1310.

Harga emas terlihat masih tertekan di bawah kisaran resisten terdekat tersebut. Dan penembusan support 1310 berpeluang menekan emas ke level 1301-05. Sementara pergerakan di atas resisten, berpotensi mendorong penguatan mendekati area 1337.