PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Thursday, 31 October 2013

Emas Masih Mungkin Turun, Kemudian Cetak Tertinggi Baru Dekade Mendatang

CPM Group melihat bahwa harga emas masih akan melemah untuk beberapa saat lagi, sebelum melanjutkan pendakian yang membawanya ke rekor tertinggi baru pada dekade berikutnya.

Konsultan yang berbasi di New York ini juga melihat pada peningkatan produksi tambang dalam beberapa tahun terakhir ini yang akhirnya dibatasi sebagai imbas dari penghematan dalam pengeluaran untuk proyek-proyek baru. Permintaan perhiasan diperkirakan akan didorong oleh harga yang lebih rendah tahun ini , sementara bank sentral diperkirakan akan menjadi pembeli tetap di tahun-tahun mendatang.

Ini adalah beberapa kesimpulan yang dibuat oleh CPM Group di dalam 268 - halaman tentang “Outlook Emas Jangka Panjang  2013 yang dirilis Kamis. Laporan ini mencakup analisis pasokan, permintaan dan harga trend global selama 10 tahun ke depan.
Harga emas telah naik antara tahun 2002 dan 2012 , sebagian besar didorong oleh permintaan investasi yang kuat.

" Investor masih tertarik untuk memiliki emas untuk banyak alasan yang sama mereka membeli emas sejak tahun 2002 , " kata CPM Group dalam siaran pers nya, menguraikan highlights dari penelitian tersebut. " Perbedaan yang utama sekarang adalah mereka tidak terburu-buru untuk menimbun pasokan logam. Mereka telah melihat bahwa harga semakin sensitif , yang menyebabkan mereka menunda untuk membuat pembelian baru saat harga naik . Ini tidak seperti periode antara 2009 dan 2011 , ketika investor membeli emas dalam volume besar bahkan ketika harga-harga meningkat.

" Sensitivitas harga sekarang ini diperkirakan akan membebani Investor untuk beberapa tahun ke depan. Pada saat yang sama, karena mereka tetap tertarik untuk memiliki emas , mereka kemungkinan akan membeli pada saat harga turun . "
Akibatnya , analis CPM Group mengatakan, bahwa mereka memperkirakan harga emas akan memiliki "pola downside yang terbatas" dari harga terendah yang dicapai pada bulan Juni.

Penurunan tajam harga emas tahun ini , dan ketidakmampuan pasar untuk membuat comeback yang kuat sejauh ini, meninggalkan banyak pelaku pasar menunggu kesempatan untuk melihat bagaimana harga emas akan jatuh lebih rendah sebelum mereka melanjutkan pembelian, kata CPM Group .
" Setelah mereka yakin bahwa harga “bawah” di pasar telah tercapai, harus ada minat beli yang kuat , yang seharusnya membantu mendorong harga emas lebih tinggi , " lanjut konsultan tersebut.

Pasokan tambang telah meningkat, menghasilkan harga emas yang lebih kuat sejak tahun 2002, dan diperkirakan akan terus meningkat dalam jangka menengah. Namun , CPM Group mengatakan , pasokan tambang jangka panjang diperkirakan akan terhambat oleh pembatasan dalam eksplorasi dan ekspansi belanja yang sudah muncul akibat rendahnya harga emas dan ekspektasi harga.

Pasokan sekunder , atau emas daur ulang , diperkirakan menurun tajam tahun ini setelah naik ke rekor tinggi pada 2012, kata CPM Group . Pasokan sekunder diperkirakan akan meningkat selama periode yang diproyeksikan didalam laporan, tetapi tidak mungkin akan mencapai tingkat seperti  yang terlihat pada tahun 2012.

Bank sentral diperkirakan menjadi pembeli emas tetap selama periode mendatang,  karena mereka terus melakukan diversifikasi aset cadangan mereka , kata CPM Group .
Permintaan fabrikasi diperkirakan akan meningkat selama periode proyeksi , membalikkan tren yang terjadi sejak tahun 2002.

"Permintaan untuk perhiasan, yang menyumbang lebih dari 80 % dari permintaan fabrikasi emas , sangat sensitif terhadap harga, " kata CPM Group . " Akibatnya , kenaikan harga emasyang mencapai rekor tertinggi telah melukai permintaan dari sumber ini dalam beberapa tahun terakhir. Relatif melemahnya harga dan penyesuaian mindset konsumen untuk harga emas tetap berada di atas tingkat yang terlihat pada tahun 2009, dan di masa mendatang diharapkan akan dapat membantu mendukung permintaan fabrikasi terus meningkat. "