PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Wednesday, 17 July 2013

Saham Jepang naik menjelang kesaksian Bernanke seiring pelemahan yen

Tokyo, Bloomberg (17/07) – Saham Jepang berakhir naik, dengan index Topix menguat untuk hari ketiga karena pelemahan yen terhadap dolar dan investor menunggu kesaksian Ketua Federal Reserve, Ben S. Bernanke di depan kongres AS hari ini.

Mitsubishi Motors Corp melonjak 11 persen setelah surat kabar Nikkei memberitakan bahwa produsen mobil tersebut akan membayar dividen untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir.

NEC Corp menguat 4,8 persen pada laporan bahwa produsen elektronik tersebut akan keluar dari bisnis smartphonenya.

Produsen mobil, Toyota Motor Corp membalikkan kerugian awal dan ditutup 0,6 persen lebih tinggi dibelakang depresiasi yen.

Index Topix ditutup naik 0,2 persen di posisi 1,213.24 pada penutupan perdagangan di Tokyo, setelah berayun antara keuntungan dan kerugian di sore hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,1 persen di 14,615.04.

"Sekarang kita menunggu apa yang akan dikatakan Bernanke terkait kelanjutan pemangkasan stimulus," kata Ayako Sera, strategist dari Sumitomo Mitsui Trust Bank Ltd. "Saat ini investor masih mencari katalis untuk kenaikan lebih lanjut."

Bernanke dijadwalkan untuk menyampaikan laporan kebijakan moneter tengah tahunan kepada Kongres AS pekan ini yang akan dimulai hari ini di depan Komite Jasa Keuangan AS.

Ketua the Fed mengatakan bahwa setiap pengurangan stimulus akan dikaitkan dengan perbaikan yang berkelanjutan di pasar tenaga kerja atau peningkatan laju inflasi.

Mata uang Jepang melemah 0,3 persen menjadi 99,37 per dolar hari ini, setelah naik 0,8 persen kemarin. Yen adalah mata uang utama berkinerja terburuk sejak pertengahan November lalu.
(brc)