PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Monday, 8 July 2013

Emas naik dibelakang kejatuhan dolar, aksi bargain hunting

New York, 8/07 (Reuters) – Emas naik 1 persen pada hari Senin karena melemahnya dolar AS memicu aksi bargain hunting setelah tergelincir dua hari sebelumnya yang disebabkan oleh kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan segera mulai memangkas stimulus moneter.

Investor juga mencerna berita bahwa manager hedge fund emas, John Paulson telah kehilangan 65 persen sejauh tahun ini setelah portofolio turun 23 persen bulan lalu.

Data Jumat lalu menunjukkan bahwa pengusaha AS menambahkan 195.000 pekerjaan baru untuk nonfarm payroll bulan lalu, menunjukkan bahwa peningkatan di pasar pekerjaan tetap berada di jalurnya.

"Data tersebut menekan emas hari Jumat dengan cukup kuat, sehingga jelas Anda akan mengharapkan adanya rebound dan jika Anda melihat mata uang, dolar telah beranjak turun dari level tertinggi sebelumnya, sehingga ada sedikit stabilisasi di emas setelah kerugian," kata analis Credit Suisse, Karim Cherif.

Spot emas naik sebesar 1 persen menjadi $ 1,235.49 per ounce pada pukul 03:11 WIB. Emas berjangka Comex, AS untuk Agustus ditutup naik $ 22,20 pada level $ 1,234.90.

Pada hari Senin, dolar AS, yang awalnya menguat 1,5 persen ke level tertinggi tiga tahun terhadap satu keranjang mata uang, membalikkan keuntungan karena investor membukukan keuntungan terhadap kenaikannya.

Investor kini fokus pada risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), catatan dari pertemuan the Fed bulan Juni lalu yang akan dirilis pada hari Rabu mendatang.

Kepemilikan emas pada exchange-traded fund terbesar di dunia, SPDR Gold Trust, turun 0,3 persen menjadi 30.920.000 ons pada hari Jumat, memukul posisi terendah baru sejak Februari 2009. (brc)