PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 14 July 2013

Emas melemah tipis namun catat weekly gain terbesarnya dalam 2 tahun

New York, 12/07 (Reuters) – Pada Jumat emas akhirnya terkoreksi tipis, akan tetapi tetapi membukukan penguatan mingguan terbesarnya selama hampir 2 tahun karena kekhawatiran terhadap stimulus moneter Federal Reserve AS yang hampir dipastikan akan dikurangi, untuk saat ini mereda.

Emas fisik berdasarkan data Reuters, naik 4,8 persen untuk minggu ini, merupakan kenaikan mingguan terbesar sejak Oktober 2011. Logam mulia ini menguat setelah Ketua Fed Ben Bernanke pada hari Rabu mengatakan bank sentral AS perlu untuk menjaga kebijakan moneter stimulatif pada posisi tertentu di tengah inflasi yang rendah dan pasar kerja yang tidak menentu.

Beberapa tanda ketatnya pasokan emas fisik, seperti yang direfleksikan oleh premi yang tinggi dan rekor volume di Shanghai Futures Exchange dan lonjakan harga sewa emas, membantu membatasi pelemahan emas pada hari Jumat (12/7).

Para analis mengatakan, bagaimanapun, penguatan di pasar ekuitas AS baru-baru ini di tengah beberapa tanda positif bagi perekonomian dan tidak ada indikasi pengurangan out-flow dari exchange-traded funds (ETF) yang berbasis emas, dapat menekan logam mulia ini.

"Fakta menunjukkan bahwa indeks saham unggulan AS ditutup pada rekor tertinggi kemarin - yang dapat mendorong investor untuk beralih sekali lagi dari emas ETF ke ekuitas – menjadi masalah bagi emas," kata Eugen Weinberg, kepala riset komoditas di Commerzbank.

Emas memangkas pelemahannya setelah data pemerintah menunjukkan bahwa indeks harga produsen AS bulan Juni naik lebih dari ekspektasi, meningkatkan daya tarik inflation-hedge emas.

Para investor saat ini mencerna berita bahwa sovereign rating Prancis diturunkan oleh Fitch pada hari Jumat, dan peringkat kredit Italia dipangkas oleh Standard & Poor awal pekan ini. Emas merupakan safe haven tradisional terhadap gejolak politik dan ekonomi. (rf)