PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Monday, 1 July 2013

Bursa Tokyo naik di hari ke-3 berkat survey Tankan, yen

Tokyo, Bloomberg (1/07) – Indeks Topix menandai reli terbesarnya selama tiga sesi di hampir tiga bulan terakhir karena pelemahan yen dan survey yang menunjukkan sentimen positif bagi produsen untuk pertama kalinya dalam tujuh kuartal terakhir.

Indeks Topix naik 1,5 persen ke posisi 1,150.70 pada penutupan di Tokyo dengan volume 37 persen di bawah rata-rata 30-hari. Indeks itu naik 7,6 persen selama tiga perdagangan terakhir, terbesar sejak 8 April. 

Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,3 persen menjadi 13,852.50.

"Investor asing akan membeli saham Jepang selama yen masih lemah, karena prospek pendapatan yang baik," kata Ichiro Yamada, general manager ekuitas dari Fukoku Mutual Life Insurance. "Tidak ada keraguan lagi bahwa kondisi saham saat sedang baik."

Saham-saham naik karena yen melemah terhadap ke-16 mata uang utama lainnya, menyentuh 99,54 per dolar, terendah sejak 5 Juni. Pelemahan yen meningkatkan nilai keuntungan luar negeri bagi eksportir Jepang saat dikonversikan.

Saham-saham juga naik setelah survey kuartalan Tankan dari Bank of Japan menunjukkan sentimen positif di antara produsen besar untuk pertama kalinya sejak September 2011. Indeks itu naik menjadi +4 di bulan Juni dari -8 di bulan Maret. Angka yang positif berarti sentiment optimis melebihi jumlah yang pesimis. Perkiraan median dari 22 ekonom dalam survei Bloomberg adalah untuk angka +3. (brc)