PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 23 June 2013

Saham bank China rebound meski bursa HK berakhir rendah

Hong Kong, e-finet (21/06) – Bursa saham Hong Kong ditutup lebih rendah pada hari Jumat, meskipun terjadi rebound pada saham-saham perbankan China yang membantu perkecil kerugian sebelumnya.

Blue-chip Hang Seng Index ditutup turun 119,56 poin, atau 0,6%, pada posisi 20,263.31 dengan volume perdagangan sebesar HK$97.17 milyar, naik tajam dari HK$75.34 milyar pada Kamis.

Indeks tersebutmencatat penurunan sebesar 3,4%minggu ini.
Saham-saham bank China yang terdaftar diHong Kong bangkit kembali setelah mengalami kerugian yang luas di hari Kamis, di tengah tanda-tanda tumbuhnya krisis uang tunai dalam sistem keuangan negara tersebut.

Kenaikan saham hari initerjadi karenameredanya suku bunga kredit antar bank hari Jumat. Suku bunga repo acuan untuk biaya pinjaman antar bank menyentuh 9,29% pada rata-rata tertimbang Jumat siang, dibandingkan penutupan hari Kamis di 11,62%.
Beberapa pedagang mengatakan Bank Sentral China mungkin akan meminta bank-bank besar untuk menahan diri dari menimbun uang dan melepaskan lebih banyak dana guna meringankan tekanan likuiditas.

"Saya pikir pasar bereaksi berlebihan kemarin," kata William Lo,manajer portofolio dari Ample Capital, namun dia tetap berhatihati terhadap sektor perbankan dalam jangka panjang. Dengan kurangnya transparansi akan membuat sulit untuk menentukan kebutuhan pendanaan sesungguhnya dari bank-bank kreditur.

China Construction ditutup naik 0,8% setelah jatuh 5,2% pada hari Kamis, ICBC menepis penurunan 3,8% dan ditutup 1,1% lebih tinggi. Saham finansial menjadi penggerak utama Indeks Hang Seng: hanya 12 perusahaan,termasuk China Construction, ICBC dan Bank of China yangmemberi bobot 49% pergerakan hari ini. (brc)