PT.BESTPROFIT FUTURES Jl. Letjen S Parman No.59 Kav.1,3-5 Malang
Register on your mobile device . make your move easier

Sunday, 2 June 2013

Emas jatuh 1,6 persen, catat pelemahan bulanan tertajam kedua

New York, 31/05 (Reuters) – Harga emas ditutup di bawah US$1.400 per troy ons, Jumat, sehingga selama Mei harga logam mulia ini melemah, yang merupakan pelemahan bulanan ketujuh dalamdelapan bulan terakhir.

Emas untuk kontrak Agustus jatuh US$19, atau 1,6%, menjadi US$1.393 per troy ons di New York Mercantile Exchange. Sehari sebelumnya, harga emas menanjak 1,5% menjadi US$1.412 per troy ons. Selama Mei, harga emas anjlok 5,4%, dibandingkan dengan penutupan harga per 30 April yang di level US$1.472,10 pertroy ons.

Emas turun setelah data AS menunjukkan inflasi yang rendah dan meningkatnya kepercayaan konsumen mengurangi minat investor, dengan mencatat penurunan tajam untuk bulan kedua berturut-turut.

Kombinasi penurunanminat beberapa fund, kedaluwarsa option dan menggandakan profitnya setelah investor menutup posisi shortnya juga mengantar open interest emas berjangka AS ke posisi terendah dalamhampir empattahun, kata para pedagang.

Data yang menunjukkan sentimen konsumen tertinggi dalam 6 tahunmembebani emas,safe haven tradisional.

"Emas tengah mengalami tekanan hingga akhir bulan karena banyak orang memiliki banyak posisi short yang tersisa, dan data kepercayaan konsumen hanyamenambah dorongan jual, "kata Carlos Perez-Santalladi broker Marex Spectron.

Emas telah naik lebih dari 3 persen dalam 3 sesi sebelumnya akibat data pertumbuhan ekonomi AS yang mengecewakan dan figur klaim pengangguran meningkatkan harapan untuk stimulus Federal Reserve lanjutan.

Pada hari Kamis, data CME menunjukkan open interest emas berjangka Comex naik kurang dari 1 persen menjadi 385.901 kontrak, melayang di dekatlevelterendah sejak September 2009.(rf)